Bantu Kebutuhan Masyarakat di Tengah Pandemi, ACT Aceh Gelar Operasi Pangan Murah

Puluhan masyarakat menjadi penerima manfaat Operasi Pangan Murah yang digelar di kawasan Lamnyong, Kota Banda Aceh pada Kamis (21/10/2021). Aksi ini merupakan bentuk kepedulian bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang terdampak pandemi.

pangan murah aceh
Program ini bertujuan memenuhi kebutuhan pangan berkualitas dan terjangkau untuk masyarakat yang membutuhkan. (ACTNews/Dimas Aldrian)

ACTNews, BANDA ACEH - Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), menginisiasikan program Operasi Pangan Murah di Kota Banda Aceh. Program ini merupakan program kemanusiaan nasional dalam langkah memenuhi kebutuhan pangan berkualitas dan terjangkau untuk masyarakat yang membutuhkan dan pekerja harian dalam masa pandemi Covid-19.

Puluhan masyarakat datang mengambil pangan murah dengan membawa kupon pada Kamis (21/10/2021) itu. Kupon sebelumnya telah dibagikan oleh perangkat gampong (kampung) kepada masyarakat yang membutuhkan paket pangan dengan harga yang terjangkau. Operasi Pangan Murah kali ini bekerja sama dengan Aceh Meutuah Swalayan, sebuah swalayan lokal di kawasan Lamnyong, Banda Aceh.

“Sebaik-baiknya sedekah adalah pangan. Kali ini membersamai perjuangan masyarakat, ACT mengajak masyarakat Indonesia membantu menyediakan kebutuhan pangan berkualitas dengan harga lebih terjangkau, terutama untuk mereka yang membutuhkan, melalui Operasi Pangan murah,” jelas Rikar Maulana sebagai Staf Program ACT Aceh.


Dalam aksi kali ini, ACT Aceh bekerja sama dengan swalayan lokal Aceh Meutuah Swalayan. (ACTNews/Dimas Aldrian)

Rikar menjelaskan, harapan terbesar dari program ini adalah menjadikan sedekah terbaik sebagai solusi dari kesulitan. “Karena yang paling penting ialah, paket yang dibawa pulang bukan sekadar berisikan pangan. Akan tetapi, dalam sepaket kebaikan tersebut menyimpan pesan kedermawanan, kepada keluarga dirumah yang menunggu. Memperlihatkan kepedulian yang mengalir di tengah terpaan kondisi ekonomi yang menurun karena dampak pandemi,” tambah Rikar.

Aksi ini mendapatkan sambutan baik dari masyarakat, salah satunya dari Abu Bakar Rizieq (70), seorang nelayan mualaf yang tinggal di wilayah Krueng Cut, Aceh Besar. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia bersama sang istri mencari tiram di sungai untuk dijual.


Mengendarai becak barang dan memakai caping, ia antusias mengantre sejak pagi untuk membeli pangan murah yang diselenggarakan oleh ACT di Aceh Meutuah Swalayan untuk keluarganya yang menanti di rumah. “Bersyukur sekali (ada pangan murah). Kalau beli sendiri, harga beras dan minyak bisa sampai ratusan ribu,” ucap Rizieq.

Dengan besarnya manfaat dari Operasi Pangan Murah, Rikar mengajak masyarakat untuk turut berkolaborasi, sehingga bantuan dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi. “Sahabat Dermawan dapat memberikan dukungan dengan sedekah terbaiknya melalui Indonesia Dermawan, atau dapat melalui rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap di Bank Aceh Syariah 01001930009205, BSI 7089 7860 23, atau Bank Muamalat 2410036660. Konfirmasikan donasi melalui pesan pribadi ke Instagram @act_aceh atau WhatsApp ke 0822-8326-9008,” ajak Rikar. []