Bantu Kebutuhan Pengungsi Suriah dengan Zakat Fitrah

Aksi Cepat Tanggap terus mengajak Sahabat Dermawan untuk membantu pengungsi Suriah agar bisa menjalani Ramadan tanpa kekurangan pangan, salah satunya melalui program zakat fitrah.

Ilustrasi. Anak-anak pengungsi Suriah di tenda-tenda pengungsian.
Ilustrasi. Anak-anak pengungsi Suriah di tenda-tenda pengungsian. (ACTNews)

ACTNews, IDLIB – Jika mempelajari konflik yang terjadi di Suriah, orang-orang akan mendapati kenyataan yang menyakitkan. Sejauh konflik terjadi, angka kematian telah mencapai 400.000 jiwa dan setengah penduduknya mengungsi untuk mencari tempat yang aman. World Bank bahkan menetapkan bahwa Suriah memiliki jumlah pengungsi terbesar sejak perang dunia ke-2.

Konflik ini berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi warga Suriah. World Bank mencatat bahwa terjadi penurunan signifikan hingga 60 persen terhadap ekonomi Suriah sejak tahun 2010. Akibatnya, terjadi pengangguran, melemahnya mata uang, harga komoditas melambung tinggi, serta bantuan luar negeri terhenti karena konflik yang terus terjadi menghalangi akses bantuan.

Dari segi sosial, anak-anak Suriah harus mengalami putus sekolah dan berakhir pada pernikahan dini untuk perempuan. Bagi anak laki-laki, mereka kesulitan mendapat pekerjaan untuk menafkahi keluarga.

Data lain dari Badan Pangan Dunia (WFP) menyebutkan, 9,3 juta warga Suriah mengalami rawan pangan. Harga pangan juga meningkat hingga 200 persen sejak sebelum pandemi, yang membuat masyarakat harus mengurangi porsi makanan.

Aksi Cepat Tanggap terus mengajak Sahabat Dermawan untuk membantu pengungsi Suriah agar bisa menjalani Ramadan tanpa kekurangan pangan, salah satunya melalui program zakat fitrah.

“ACT ingin mengajak warga Indonesia untuk meluaskan kedermawanan melalui zakat fitrah yang dibayarkan setahun sekali. Kami berharap, momentum bayar zakat ini bisa membantu saudara-saudara kita yang mengalami krisis kemanusiaan,” kata Amir. Selain zakat fitrah, ACT juga berikhtiar menyalurkan paket lebaran menjelang hari raya Idulfitri.[]