Bantu Pemulihan Tanggul Jebol di Kampung Babakan Rawa, ACT Distribusikan Bahan Bangunan

Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bandung, kembali mendistribusikan bantuan untuk penyintas banjir dari tanggul yang jebol di Kampung Babakan Rawa, Kabupaten Bandung. Bantuan kali ini berupa bahan bangunan untuk membantu pemulihan kembali tanggul yang hancur.

tanggul jebol bandung
Sebanyak 42 kepala keluarga turut terdampak akibat bencana ini. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BANDUNG (25/11/2021) – Hujan intensitas cukup lebat dengan durasi yang cukup panjang sempat mengguyur wilayah Kampung Babakan Rawa, Kelurahan Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek. Akibatnya, tanggul di  sekitar bantaran Sungai Cikeruh jebol pada Senin (15/11/2021) lalu.

Aliran air sungai menerjang beberapa rumah dan menghanyutkan perabotan milik warga. Terhitung ada 42 kepala keluarga terdampak bencana ini. “Beberapa rumah bahkan roboh diterjang deras air sungai, sehingga beberapa warga harus mengungsi. Selain itu, jalan umum pun rusak dan ditutupi dengan lumpur, sehingga akses ke lokasi kejadian sedikit sulit,” ujar Irvan Maulana dari tim Program ACT Bandung, Rabu (24/11/2021).


Pada hari itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bandung kembali mendistribusikan bantuan untuk warga setempat. Bantuan yang diberikan berupa puluhan bahan bangunan yang terdiri dari sak semen dan lembar beton GRC. “Kita berharap bahan bangunan ini dapat bermanfaat dan mempercepat perbaikan tanggul yang jebol,” tambah Irvan.

Masyarakat pun menyambut positif bantuan ini. “Alhamdulillah dengan adanya perhatian dari ACT yang terpikirkan untuk memberikan bantuan bahan bangunan. Ini sangat bermanfaat dan baru ACT yang memberikan bantuan seperti ini,” ujar salah satu warga.

Bantuan ini merupakan bantuan lanjutan untuk pemulihan di Kampung Babakan Rawa. Bantuan pertama berupa makanan siap saji telah didistribusikan pada Jumat (19/11/2021). []