Bantu Saleem Sembuh dari Ekstrofi Kandung Kemih

Setelah tiga kali menjalani operasi, kondisi Saleem belum juga membaik. sedangkan, rumah sakit yang menangani Saleem di Gaza mulai kekurangan perlengkapan medis dan tenaga. Ia harus menjalankan pengobatan ke Malaysia.

Bantu Saleem Sembuh dari Ekstrofi Kandung Kemih' photo

ACTNews, KUALA LUMPUR – Keceriaan tetap terpancar dari wajah Saleem Ayham AlNajjar (3), sesekali ia bermain dengan sepeda kecil atau skuternya di dalam rumah. Sekilas, Saleem tidak tampak berbeda dari balita seusianya, namun ternyata sejak lahir, anak laki-laki asal Khan Younis, Gaza, Palestina itu mengalami Bladder Exstrophy atau ekstrofi kandung kemih.

Menurut Urology Care, Bladder Exstrophy adalah kelainan organ kandung kemih berada di luar tubuh yang dibawa sejak lahir. Saleem sudah beberapa kali menjalani operasi, namun operasi yang dilakukan tidak berhasil.

Belum ada hasil yang signifikan dari tiga kali operasi yang dijalani Saleem. Salah satu ahli bedah dari Italia pernah datang ke Gaza dan membantu operasi Saleem, namun berdasarkan keterangan medis yang diterima tim Global Humanity Response (GHR) – Aksi Cepat Tanggap (ACT), pengobatan Saleem gagal karena minimnya perawatan dan obat-obatan yang tersedia dan dapat diterima Saleem pascaoperasi.


Untuk melanjutkan ikhtiar pengobatan, Saleem pun harus diterbangkan berpuluh kilometer dari tempat tinggalnya di Gaza. “Saat ini Saleem berada di Malaysia untuk menjalani pengobatan, namun terkendala biaya,” jelas Said Mukaffiy dari tim GHR-ACT, Jumat (6/9).

Said menambahkan, hingga hari ini belum ada pihak yang membantu pengobatan Saleem. Untuk itu, Mukaffiy mengajak para dermawan turut mewujudkan asa Saleem untuk segera sembuh. Berdasarkan informasi yang tim terima, sejumlah kerabat keluarga Saleem pun membantu untuk makan dan minum, sedangkan ayah Saleem tidak memiliki pekerjaan.

“Kami berharap, di bulan pertama tahun baru Hijriah ini, kita lebih dapat membuka hati untuk peduli terhadap saudara-saudara kita juga yang di luar negeri, seperti Palestina,” lanjut Said. Dermawan pun dapat membantu Saleem melalui tautan https://kitabisa.com/campaign/salem. []

Bagikan