Bantuan 30.000 Liter Air Jangkau Warga Madiun dan Ponorogo

Puluhan ribu liter air bersih didistribusikan di Desa Sumber Bendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun dan Desa Sooko di Kabupaten Ponorogo

Bantuan 30.000 Liter Air Jangkau Warga Madiun dan Ponorogo' photo
Sebanyak 30.000 liter air bersih ke daerah terdampak kekeringan di Sumber Bendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun dan Desa Sooko dan Kabupaten Ponorogo, Jumat (27/9). (ACTNews)

ACTNews, MADIUN - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Madiun menyalurkan 30.000 liter air bersih ke daerah terdampak kekeringan di Desa Sumber Bendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun dan Desa Sooko di Kabupaten Ponorogo, Jumat (27/9). 

"Kondisi dua desa ini memang kekurangan. Ada air yang mengalir, akan tetapi sangat kecil dan tidak mencukupi untuk menghidupi warga sekitar," ujar Kepala Program ACT Madiun Didik Purwoko.

Pendistribusian air tersebut dilaksanakan dua hari, yakni Jumat (27/9) dan Sabtu (28/9). Pendistribusian air dilakukan secara bertahap mengingat medan yang dilalui truk tangki air cukup berat.

Didik menambahkan, pendistribusian air bersih dilakukan bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Relawan tersebut tersebar di Karesidenan Madiun. Sementara bantuan yang diberikan, lanjut Didik, tidak terlepas dari kedermawanan masyarakat yang bergabung dalam program-program kemanusiaan ACT.

"Kami menyadari untuk menangani bencana kekeringan ini, tidak mungkin bertindak sendiri. Oleh karenanya kami menyediakan sarana agar para dermawan selalu mengikuti program-program ACT melalui link di bit.ly/DermawanMadiun,” kata Didik.

Seperti diketahui, di Desa Sumber Bendo ada empat dusun yang mengalami kesulitan air. Dengan jumlah penduduk sekitar 200 kepala keluarga. Sedangkan di Desa Suru, Kecamatan Sooko, jumlah penduduknya sekitar 300 kepala keluarga. Daerah-daerah itu dilanda krisis air semenjak enam bulan silam. Oleh karenanya, mereka merasa terbantu dengan adanya distribusi air bersih tersebut. []

Bagikan