Bantuan ACT dan Korps Marinir Diterima Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Bekasi

Bantuan logistik dan air bersih merupakan hal yang sangat vital bagi penyintas bencana banjir. Sehingga, ACT bersama Korps Marinir distribusikan bantuan kebutuhan untuk penyintas banjir tanggul jebol di Kabupaten Bekasi.

Distribusi bantuan pangan
ACT dan Korps Marinir distribusikan bantuan untuk korban banjir tanggul jebol kali , Kamis (25/2/2021). Bantuan yang diberikan merupakan hasil dari Gerakan Sedekah Pangan (GSPN) yang dikumpulkan dari para dermawan. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BEKASI - Warga terdampak jebolnya tanggul Sungai Citarum di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi menerima bantuan pangan dan logistik yang diantarkan ACT bersama Korps Marinir, Kamis (25/2/2021). Pendistribusian bantuan sebagai buah kerja sama antara ACT dan TNI merupakan bentuk gotong royong antarelemen bangsa. 

Kepala Desa Karang Harja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi Heru Sukarno berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh ACT dan TNI. Menurutnya, hingga saat ini ACT telah banyak membantu warganya yang tengah dalam kesulitan. Tak hanya itu, atas nama warga, Sukarno juga mendoakan semoga kebaikan para dermawan dibalas Allah. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dari ACT dan TNI. ACT dan TNI telah banyak memberikan sumbangan kepada kami. Semoga bantuan ini bermanfaat dan segala kebaikan dibalas Allah dengan kebaikan yang tak ternilai," kata Suharno. 

Suharno menjelaskan, total warga yang menjadi korban tanggul jebol di wilayahnya mencapai 6 RT, 1.500 Kepala Keluarga. Hingga saat ini masih banyak warga yang mengungsi di masjid, musala, sekolah, dan kantor desa. Akan tetapi, kata Suharno ada juga warga yang tidak mau mengungsi dan bertahan di rumahnya. 

"Kondisi terkini pemukiman warga masih berantakan, meski saat ini air sudah surut. Namun kebutuhan makanan siap saji dan sembako sangat diperlukan. Selain itu warga juga butuh air bersih,  untuk saat ini listrik masih dimatikan, takut terjadi korsleting, ini dilakukan sejak Senin lalu," ujarnya. 

Nantinya, lanjut Suharno, semua bantuan akan disalurkan untuk semua warga. Bantuan yang diberikan ACT dan TNI juga Insya Allah akan dibagikan merata dan semua warga terdampak harus kebagian. Sehingga tidak ada kecemburuan sesama warga yang saat ini sedang sama-sama susah. 

Ketua RT 04/02 Desa Karang Harja Kec. Pebayuran, Sana juga sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan ACT dan Korps Marinir. "Semoga bantuan ini bermanfaat untuk warga kami, di RT 04/02 43 rumah terdampak banjir," jelasnya. 

Sana berharap kebutuhan lain seperti minyak goreng, gas, nasi siap saji, mi instan, dan obat-obatan juga dapat dipenuhi. Menurut Sana, sebelumnya sudah ada pelayanan medis, tapi posko kesehatan kekurangan obat. "Sehingga masih banyak warga yang datang memeriksakan diri tetapi belum dapat obat," katanya. []