Bantuan Air Bersih Jangkau Lombok Timur yang Terdampak Kekeringan

Sejak April lalu, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, khususnya di Desa Serewa belum diguyur hujan dan mengakibatkan kekeringan. Untuk membantu warga menghadapi kekeringan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Lombok Timur mendistribusikan 20.000 liter air pada Ahad (27/9) lalu.

Jeriken warga yang mengantre bantuan air bersih. (ACTNews)

ACTNews, LOMBOK TIMUR – Kemarau panjang yang melanda Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, kian mengkhawatirkan. Beberapa desa di Kecamatan Jerowaru menjadi langganan tetap kemarau tiap tahunnya. Akan tetapi, tahun ini menjadi yang terparah menurut warga setempat. Pasalnya sejak April lalu, Kecamatan Jerowaru, khususnya di Desa Serewa, sama sekali tidak pernah turun hujan.

Warga kini bergantung pada air hujan untuk kebutuhan sehari-hari, sebab sangat sulit mendapatkan air bersih di saat kemarau seperti ini. Mereka harus membeli air bersih dari mobil tangki yang masuk ke desa, dan warga setiap harinya harus mengeluarkan Rp20 ribu untuk membeli air hanya untuk kebutuhan memasak, mencuci, dan ibadah.


Tim pendistribusian sedang membantu mengisi wadah seorang warga. (ACTNews)

Untuk itu, ACT Nusa Tenggara Barat bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Lombok  Timur mendistribusikan sebanyak 20.000 liter air pada Ahad (27/9). Sebanyak 4 tangki air bersih dibagikan untuk dua dusun yaitu Dusun Sengkelok dan Dusun Temodo. Sekitar 200 Kepala Keluarga yang menjadi penerima manfaat dalam pendistribusian ini. 

Muhammad Ramli selaku penanggung jawab aksi mengatakan distribusi ini memang menargetkan masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan secara geografis juga sulit dijangkau. “Secara geografis yang dimaksud di sini adalah dari segi medan untuk menuju ke lokasi sasaran program. Dan begitu pula dari segi potret masyarakat setempat yang secara ekonomi masyarakat dan pekerjaan masyarakat yang dirasa sangat membutuhkan uluran tangan semua pihak,” tutur Ramli.


Kepala Cabang ACT Nusa Tenggara Barat Lalu Muhammad Alfian mengatakan, pendistribusian air bersih ini merupakan agenda rutin yang dilakukan ACT bersama MRI Lombok Timur. Dalam kesempatan itu juga Alfian mengajak para dermawan untuk membersamai mereka yang saat ini sedang kesulitan air bersih.

 “Memang rutin kami lakukan tiap hari karena dilihat dari data kekeringan yang kami terima daerah Jerowaru merupakan lokasi terparah yang mengalami kekurangan air bersih. Karenanya tidak lupa saya mengajak semua para dermawan untuk ikut terus membantu saudara kita yang berada di Jerowaru. Bantuan dapat disalurkan melalui BNI Syariah di nomor 88 0000 8706 atau melalui Indonesia Dermawan,” ajak Alfian. []