Bantuan Air Jangkau Priangan Timur yang Masih Dilanda Kekeringan

Meskipun musim hujan telah masuk, dampaknya belum signifikan dan beberapa daerah di Priangan Timur masih mengalami kekeringan. Merespons kekeringan tersebut, ACT Tasikmlaya mendistribusikan air bersih di beberapa titik yang mengalami kekeringan.

Bantuan Air Jangkau Priangan Timur yang Masih Dilanda Kekeringan' photo
Warga Desa Cintaraja mengantre air bersih yang didistribusikan ACT pada Sabtu (2/11) lalu. (ACTNews/Muhammad Irfan Rais)

ACTNews, TASIKMALAYA – Musim hujan yang datang belum berdampak signifikan terhadap kekeringan yang disebabkan kemarau panjang. Kenyataan tersebut dapat dilihat dari beberapa daerah di Tasikmalaya yang hingga kini masih mengalami krisis air bersih. Sebut saja Desa Cipondok, Dawagung, Cineam, Cintaraja, di Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Banjar.

Oleh karenanya, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya menyalurkan 36.000 liter air bersih pada Sabtu (2/11). Bantuan air bersih didistribusikan ke tempat yang sampai saat ini masih terdampak kekeringan dan krisis air bersih di sekitaran Priangan Timur.

Salah satunya Desa Cipondok, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya. Selama 9 bulan belakangan, daerah ini telah terdampak kekeringan, sehingga menyulitkan masyarakat untuk memenuhi dan menjalankan rutinitas akibat sulitnya mendapatkan air bersih.

Gina, warga Desa Cipondok, mengatakan bahwa dirinya, keluarga, tetangga serta masyarakat sekitar cukup sulit menemukan air bersih selama berbulan-bulan. Jika sudah benar-benar tidak bisa mendapatkan air bersih, mereka hanya dapat mengandalkan bantuan pemerintah setempat.


Warga Cipondok telah mengalami kesulitan air bersih semenjak kemarau yang terjadi 9 bulan belakangan. (ACTNews/Muhammad Irfan Rais)

“Kalau sedang musim kemarau begini, semua warga memanfaatkan satu-satunya sumur bor, itu pun berbayar. Tetapi sudah lama juga sumur bor tersebut kering. Jadi kami benar-benar tidak mempunyai lagi sumber air yang bisa dimanfaatkan,” ujar Gina. Ia merasa bersyukur dengan adanya bantuan air ini dan berterima kasih kepada para dermawan yang telah berbagi melalui ACT, sehingga kebutuhan air mereka dapat terpenuhi.

Kepala Program ACT Tasikmalaya Muhammad Fauzi Ridwan mengungapkan ini bukanlah pertama kalinya ACT Tasikmalaya medistribusikan air bersih. Sudah beberapa kali juga program pendistribusian air bersih ini menyapa warga di sekitar Priangan Timur. Rencananya program tersebut akan tetap berjalan hingga semua masyarakat benar-benar dapat memperoleh air bersih seperti sedia kala.

“Mengingat ternyata hujan belum merata, insyaallah ACT Tasikmalaya akan terus mendistribusikan air bersih di Priangan Timur. Mudah-mudahan bantuan kita dan yang bekerja sama dengan pemerintah daerah ini, dapat meringankan kesulitan masyarakat dalam mendapatkan air bersih,” ungkap Fauzi .[]

Bagikan