Bantuan Air Kembali Jangkau Kecamatan Jerowaru yang Berbulan Tak Hujan

Sejak April lalu, Dusun Lendeng Pelisak, Desa Serewa, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur belum diguyur hujan dan mengakibatkan kekeringan. Untuk membantu warga menghadapi kekeringan, ACT Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Lombok Timur mendistribusikan 10.000 liter air pada Ahad (11/10) lalu.

Tim ACT NTB beserta MRI Lombok Timur sedang mengisi tong-tong air bersih untuk warga. (ACTNews)

ACTNews, LOMBOK TIMUR – Di tengah musibah banjir yang melanda berbagai daerah di Indonesia, ada sebagian daerah yang malah mengalami kekeringan dan sulit mendapatkan air bersih. Salah satunya Dusun Lendeng Pelisak, Desa Serewa, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur. Daerah ini adalah salah satu lokasi terparah akibat dampak kekeringan dikarenakan curah hujan yang sangat sedikit, sudah dari bulan April mereka mengalami kekeringan dan warganya harus membeli air bersih hanya untuk kebutuhan sehari-hari.

Kecamatan Jerowaru berada di pesisir selatan Pulau Lombok dengan kontur daerah yang berbukit-bukit. Lahan pertanian di daerah ini merupakan lahan tadah hujan sehingga masyarakatnya  hanya bertani atau mulai bercocok tanam di musim hujan, sedangkan saluran irigasi belum memadai.

Ada beberapa warga yang mencoba untuk membangun sumur bor tapi air yang didapatkan relatif terasa asin jadi mereka hanya menggunakan sumur bor untuk mencuci dan mandi. Sedangkan untuk kebutuhan memasak mereka tetap membeli air yang di bawah oleh penjual air dengan mobil tangki dan harganya pun lumayan mahal, yaitu Rp20 ribu per ember besar.


Seorang ibu tengah mengambil air yang telah terisi di tong. (ACTNews)

Untuk meringankan kondisi mereka saat ini, ACT Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Lombok Timur mendistribusikan 10.000 liter air di Dusun Lendeng Pelisak pada Ahad (11/10) lalu. Sri selaku Koordinator MRI Lombok Timur bersama 10 orang relawan lainnya mendistribusikan langsung air bersih ke rumah-rumah warga.

“Kami akan terus berusaha terus mendistribusikan air bersih kepada warga Jerowaru atau daerah lain yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Ini adalah bagian dari ikhtiar kami untuk terus membersamai umat yang mengalami musibah. Insyaallah dalam dua kali sepekan, Tim MRI Lombok Timur akan terus mengupayakan air bersih ke beberapa wilayah yang memang sangat membutuhkan air bersih,” tutur Sri.


Bukan pertama kali, sebelumnya ACT NTB bersama MRI Lombok  Timur juga mendistribusikan sebanyak 20.000 liter air pada akhir September lalu. Sebanyak 4 tangki air bersih dibagikan untuk dua dusun yaitu Dusun Sengkelok dan Dusun Temodo. Sekitar 200 Kepala Keluarga yang menjadi penerima manfaat dalam pendistribusian ini. Sri turut mengajak para dermawan untuk terlibat dalam aksi ini.

“Tidak lupa saya mengajak semua para dermawan untuk ikut terus membantu saudara kita yang berada di Jerowaru. Bantuan dapat disalurkan melalui BNI Syariah di nomor 88 0000 8706 atau melalui Indonesia Dermawan,” ajak Sri. []