Bantuan Al-Qur’an Semangati Santri Pulau Mandangin jadi Hafiz

Al-Qur’an yang didistribusikan adalah Al-Qur’an khusus tahfiz untuk hafalan atau biasa dikenal dengan “Al-Qur’an Kudus”.

Bantuan Al Quran
Santri di TPQ Tanbihul Ghofilin menerima bantuan Al-Qur’an. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SAMPANG – Siapa yang pernah mendengar nama Pulau Mandangin? Pulau yang terkenal karena keindangan alam ini ternyata punya  sejumlah pesantren tahfiz. Aksi Cepat Tanggap Jawa Timur dan Masyarakat Relawan Indonesia mendistribusikan bantuan Al-Quran ke dua tempat belajar Al-Qur’an, TPQ Tanbihul Ghofilin dan Pondok Pesantren Nurul Hikmah pada Jumat Jumat (21/1/2022).

Al-Qur’an yang diberikan merupakan wakaf para dermawan. Enggal Dwi Utomo dari Tim Program ACT Jawa Timur menerangkan, Al-Qur’an yang didistribusikan adalah Al-Qur’an khusus tahfiz untuk hafalan atau biasa dikenal dengan “Al-Qur’an Kudus”. “Sejak lama mereka sangat menginginkan Qur'an tersebut. Al-Qur’an pribadi yang santri miliki sebagian sudah rusak. Beberapa halamannya sobek dan hilang karena seringnya dipakai bergantian,” kata Engga.

Selain mengantarkan bantuan Al-Qur’an, Tim ACT-MRI memberikan bantuan operasional pembelajaran Al-Qur’an untuk pesantren dan da’i.

Muzammil, salah satu santri penerima manfaat mengatakan ia amat bergembira dengan bantuan ini. Ia berharap, program seperti ini bisa juga dilaksanakan di banyak pesantren “Insyaallah ratusan Al Qur'an kudus ini menjadi saksi lahirnya para hafiz dan penjaga Islam di pulau ini,” doanya.[]