Bantuan Alquran, Wujud Kedermawanan Indonesia untuk Somalia dan Srilanka

Selain bantuan pangan, dermawan Indonesia juga saling membahu mengirimkan mushaf Alquran untuk anak-anak di Somalia dan Srilanka belajar mengaji.

Bantuan Alquran, Wujud Kedermawanan Indonesia untuk Somalia dan Srilanka' photo
Bantuan Alquran dermawan sampai ke anak-anak Somalia. (ACTNews)

ACTNews, ERAVUR, HODAN, YAAQSHID, GARASBALEY – Anak-anak berbaris sembari melantunkan ayat-ayat Alquran. Pemandangan ini tampak di salah satu madrasah di Garasbaley, Somalia.

Semangat belajar Alquran anak-anak Somalia yang begitu tinggi belum diimbangi dengan kecukupan mushaf Alquran. Melihat hal itu, dukungan pun digalakkan dermawan Indonesia untuk anak-anak Somalia. Sebanyak 350 Alquran dibagikan kepada siswa madrasah di Hodan, Yaaqshid, dan Garasbaley pada Juni ini.

“Anak-anak sekolah tahfiz di Somalia banyak yang berasal dari keluarga prasejahtera dan pengungsi internal. Bantuan mushaf Alquran tentu sangat dibutuhkan,” terang Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response – ACT, penanggung jawab untuk program kemanusiaan di Somalia.

Selain Somalia, bantuan Alquran juga sampai ke anak-anak di Sri Lanka. Tepat di Kota Eravur, 150 anak menerima bantuan Alquran dari Sahabat Dermawan pada 18-20 Juni lalu.

Sementara itu, Firdaus Guritno tim Global Humanity Response – ACT, penanggung jawab untuk program kemanusiaan di Sri Lanka, menjelaskan, bantuan mushaf Alquran diperuntukkan untuk anak-anak di sekolah tahfiz, terlebih anak-anak yatim dan dari keluarga prasejahtera.

 “Ada banyak anak di Sri Lanka yang sedang belajar di sekolah tahfiz. Saat ini terdapat dua juta penduduk muslim di Sri Lanka, hampir sepuluh persen jumlahnya dari total penduduk,” jelas Said. Ia berharap kehadiran bantuan diharap mendorong semangat belajar anak-anak di Sri Lanka.

Bantuan Alquran menjadi ikhtiar yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap untuk anak-anak di negeri krisis kemanusiaan. Selain makanan, sebagai dukungan kebutuhan hidup, ACT juga mengupayakan dukungan secara pengetahuan dan spiritual.[]


Bagikan