Bantuan Beras dan Modal Usaha untuk Santri Mihrob Quran

Bersama MTT Foundation dan Telkomsel, ACT Jawa Barat mendistribusikan setengah ton beras kepada para santri . Selain itu diberikan pula modal usaha untuk membantu para santri dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Bantuan Beras dan Modal Usaha untuk Santri Mihrob Quran' photo
Serah terima bantuan dari perwakilan Telkomsel kepada pengurus Pondok Pesantren. (ACTNews/Oby)

ACTNews, BANDUNG – Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Barat  berkolaborasi bersama dengan Muslim Tarqiyah Taqwa (MTT) Foundation dan Telkomsel regional Jawa Barat mengimplementasikan penyaluran bantuan kemanusiaan. Melalui program Beras untuk Santri Indonesia (BERISI), MTT Foundation dan Telkomsel menyalurkan setengah ton beras kepada para santri di Pondok Pesantren Mihrob Quran, Cilengkrang, Ujungberung, pada Senin (20/1) lalu.

Adi Nurdiansyah dari Tim Program ACT Jawa Barat mengatakan bahwa di Pondok Pesantren Mihrob Qur'an ini terdapat 60 santri. Mereka sehari-harinya membantu pondok pesantren dengan membuka usaha ayam geprek serta madu ke masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain beras, kolaborasi ini juga memberikan bantuan ponsel dan modal usaha sebesar Rp250 ribu dari pihak Telkomsel. Nantinya modal usaha ini akan digunakan untuk menjual pulsa oleh para santri. Program tersebut juga merupakan bagian dari program Santripreneur Telkomsel.

“Karena kita lihat, para santri di sini memiliki ketekunan yang kuat. Di samping menuntut ilmu, mereka juga berusaha untuk terus mandiri melalui usaha-usaha yang dijalankan pesantren. Dan alhamdulillah, selain memenuhi kebutuhan melalui program BERISI, hari ini kita juga berikan modal usaha untuk mereka melalui kolaborasi bersama Telkomsel,” ujar Adi.


Penyerahan bantuan BERISI kepada santri perempuan Pondok Pesantren Mihrob Quran. (ACTNews/Oby)

Bantuan disambut hangat oleh pihak pesantren. Muhamad Isa sebagai pengurus di Pondok Pesantren Mihrob Quran berterima kasih atas kegiatan serta bantuan yang diberikan.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada ACT dengan program BERISI. Mudah-mudahan dapat membantu memenuhi kebutuhan para santri. Dan mudah-mudahan ACT, masyaallah, dapat terus menyalurkan bantuan terbaiknya ke pesantren lainya,” ujar Isa.


Adi berharap program BERISI dapat membantu memenuhi kebutuhan para santri di pondok Pesantren Mihrob Qur'an dan pondok pesantren lainnya di pelosok Jawa Barat. Selain itu, diharapkan program ini dapat memperkuat solidaritas antara masyarakat dengan pesantren-pesantren yang ada.

“Kita berharap juga, program ini dapat menjadi media bahan bakar untuk mempererat persaudaraan umat dan santri-santri di Indonesia. Sehingga bisa mempermudah dalam memajukan pendidikan Islam, khususnya di daerah Jawa Barat,” kata Adi. []


Bagikan