Bantuan Hidup untuk Pejuang Pendidikan di Pulau Bangka

Puluhan guru honorer di Bangka pada momen akhir Juni ini mendapatkan dukungan berupa biaya hidup dari program Sahabat Guru Indonesia. Program ini merupakan kelanjutan dari pengelolaan dana zakat oleh Global Zakat-ACT.

Salah satu guru di Bangka yang menerima bantuan dari program Sahabat Guru Indonesia. (ACTNews)

ACTNews, PANGKALPINANG Menjadi guru bukanlah sebuah pekerjaan, melainkan pengabdian untuk negeri. Begitulah prinsip yang diungkapkan oleh Siti Khodijah, salah satu guru honorer yang selama enam tahun ini sudah mengajar di salah satu SD di Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Setiap bulannya, Siti hanya diberikan honor Rp600 ribu. Uang yang diterima Siti tentu tak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Siti harus berkebun sebagai pekerjaan sampingan.

“Saya enggak mau mengeluh sama jumlah yang saya terima dari mengajar, karena buat saya menjadi guru bukanlah sebuah pekerjaan, melainkan pengabdian untuk negeri. Tapi saya berharap, agar nasib guru honorer juga lebih diperhatikan” ungkap Siti saat bertemu dengan tim Global Zakat-ACT Bangka, Rabu (23/6/2021).

Untuk mendukung perjuangan para guru honorer di wilayah Bangka, Rabu (23/6/2021), Global Zakat-ACT Bangka menyerahkan bantuan hidup ke Siti dan puluhan guru lainnya. Hadirnya bantuan ini merupakan kelanjutan dari program Sahabat Guru Indonesia yang telah berjalan sejak 2019 lalu. Guru honorer dengan gaji di bawah Rp1 juta dan telah mengabdi beberapa tahun menjadi sasaran utama.

“Selain biaya hidup, kami juga menyerahkan paket pangan. Bantuan ini merupakan hasil dari pengelolaan dana zakat yang muzaki salurkan melalui Global Zakat-ACT,” jelas Raffles dari tim Program Global Zakat-ACT Bangka. Di wilayah Bangka sendiri, sudah ada lebih dari 50 guru yang mendapatkan bantuan dari program Sahabat Guru Indonesia.

Raffles menambahkan, bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam aksi kebaikan untuk guru ini, bisa menunaikan zakatnya melalui Global Zakat. Selain alokasi zakat masyarakat untuk guru, ada juga untuk dai hingga siswa prasejahtera di seluruh penjuru negeri. “Zakat atau sedekah terbaik bisa ditunaikan dengan datang langsung ke kantor Global Zakat-ACT Bangka do Jalan Mesjid Jamik, Nomor 27, Kelurahan Mesjid Jamik, Rangkui, Pangkalpinang,” ajaknya.[]