Bantuan Kemanusiaan ACT Kembali Sapa Rohingya di Rathedaung

Bantuan Kemanusiaan ACT Kembali Sapa Rohingya di Rathedaung

Bantuan Kemanusiaan ACT Kembali Sapa Rohingya di Rathedaung' photo
ACTNews, RAKHINE - Bantuan pangan kembali didistribusikan kepada warga Rohingya yang masih terisolasi di wilayah Rakhine State, Myanmar, Jumat (19/10). Pendistribusian bantuan tersebut merupakan yang kedua kalinya, setelah 12 ton paket pangan berhasil disalurkan ACT di Sittwe pada awal September lalu. Penyaluran bantuan Jumat lalu adalah hasil kerja sama ACT dengan NGO Us-Sunnah di Amerika Serikat.
 
Dalam tahap pertama pendistribusian, sebanyak 110 paket pangan diberikan kepada para warga Rohingya yang masih berada di Rathedaung, Rakhine State, Myanmar. Paket pangan yang terdiri dari sembako ini dibagikan usai salat Jumat.
 
"Paket pangan yang dibagikan antara lain berupa beras, bawang, cabai, kacang-kacangan, tepung dan minyak goreng," ungkap relawan ACT di Myanmar yang mengawal pendistribusian bantuan.
 
Rathedaung merupakan salah satu wilayah di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, yang penduduknya mengalami kekerasan, pembantaian dan pembakaran oleh kelompok militer Myanmar. Menurut info dari relawan di Myanmar, lima desa di Rathedaung tersebut posisinya dikelilingi oleh desa-desa Buddhist, menyebabkan para penduduk desa tidak bisa pergi mengungsi ataupun hanya sekadar mencari makan ke luar desa mereka.
 
"Sehingga ransum yang dimiliki warga desa semakin menipis dan kelaparan menjadi ancaman bagi warga desa (Rohingya)," ungkap salah satu relawan.
 
Karena sulitnya dan terbatasnya akses keluar masuk desa, maka untuk proses persiapan paket pangan ini, memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan biasanya.
 
Insya Allah, pendistribusian tahap selanjutnya akan dilakukan dalam waktu dekat. Sekitar 400 paket pangan tambahan rencananya akan dibagikan kepada warga Rohingya di Rathedaung dan di Sittwe. []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan