Bantuan Kemanusiaan dari Jakarta dan Banten Tiba di Pasaman Barat

Bantuan dari warga Jakarta dan Banten yang diberangkatkan dari Ibu Kota, Jumat (11/3/2022), tiba di Pasaman Barat tiga hari kemudian. Kepedulian ini disambut baik oleh masyarat, pemerintah daerah dan para tokoh.

gempa pasaman barat
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan dari Jakarta tiba di Pasaman Barat. (ACTNews)

ACTNews,  PASAMAN BARAT – Setelah menempuh perjalanan beberapa hari, truk yang membawa bantuan kemanusiaan dari Jakarta untuk penyintas gempa tiba di lapangan Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (14/3/2022). Truk tersebut berisikan berbagai logistik yang dihimpun dari dermawan di Jakarta dan Banten serta banyak mitra, seperti ASAR Humanity, Koperasi 212, Frisian Flag, JNE, PT Freeport Indonesia, Cimory, Ruang Baik, Kajian Musawaran, dan lain-lain.

Kedatangan armada kemanusiaan ini pun disambut oleh pemerintah daerah serta masyarakat. Serah terima bantuan dihadiri langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi.

“Terima kasih banyak kepada ACT dan para dermawan yang telah membersamai kami sejak awal,” ungkap Hamsuardi.

Penyambutan kedatangan bantuan dari Jakarta ini pun turut dihadiri Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa ke XV Jhonny ZA. Ia pun mengucapkan terima kasih dan doa terbaik untuk seluruh dermawan.

“Di Talu, ada beberapa desa yang terdampak juga. Akses untuk ke sana sering terkendala longsor dan jarang terekspos media,” ungkap Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa ke XV Jhonny ZA.

Untuk diketahui, bantuan kemanusiaan yang tiba di Pasaman Barat kali ini memiliki berat 36 ton atau setara dengan nominal bantuan Rp1,5 miliar. Selain bantuan pangan, ada juga perlengkapan ibadah, paket gizi hingga paket kebersihan untuk warga terdampak bencana.

“Ikhtiar kami bersama dermawan untuk terus membersamai penyintas gempa akan selalu hadir. Apalagi momen pascabencana ini bertepatan dengan Ramadan, kita akan selalu hadirkan kebahagiaan untuk mereka,” ungkap Ahmad Diar, Kepala Cabang ACT Pasaman Barat.[]