Bantuan Kemanusiaan, Dukungan Moral untuk Warga Binaan Rutan Salatiga

Bukan sekadar menebar kebahagiaan, paket pangan yang dibagikan kepada warga binaan di Rutan Kelas II B dan warga binaan Dinas Sosial Kota Salatiga menjadi wujud dan dukungan moral kepada sesama.

ACTNews, SALATIGA – Ratusan paket bantuan kemanusiaan dibagikan kepada warga binaan Rumah Tahanan (rutan) Negara Kelas II B Kota Salatiga dan warga binaan Dinas Sosial (Dinsos) Desa Kemiri, Sidorejo, Kota Salatiga, pada Rabu (24/7) dan Kamis (25/7) siang.

Aksi pembagian paket kemanusiaan tersebut diinisiasi oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bersama Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah (ACT Jateng), dan berkolaborasi dengan Pemuda Pancasila dan Komunitas Real Friendship Club (RFC) Kota Salatiga.

Pada Rabu (24/7), sebanyak 132 penghuni rutan mendapat paket bantuan logistik. “Kami sudah koordinasikan dengan petugas rutan, memastikan semua penghuni rata mendapatkan bantuan paket kemanusiaan ini,” ungkap Ardian, koordinator MRI-ACT Kota Salatiga.

Bukan sekadar memberikan bantuan logistik, menurut Ardian, bantuan tersebut diharapkan dapat menjadi bentuk perhatian dan dukungan moral.


Keesokan harinya, Kamis, aksi berlanjut di Desa Kemiri, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Berlokasi  di rumah susun yang dikelola oleh Dinsos Salatiga, paket pangan dibagikan kepada 45 kepala keluarga prasejahtera yang tinggal di rumah susun tersebut.

“Seluruh warga dipastikan mendapatkan bagian,” ungkap Kepala Cabang ACT Jateng Sri Suroto. Sebanyak 130 orang penghuni rusun mendapatkan paket bantuan yang berisi beras, perlengkapan sanitasi, biskuit, susu, dan kudapan kering.

Bantuan paket kemansuiaan tersebut diambil langsung dari Humanity Distribution Center (HDC) - ACT yang berada di Gunung Sindur, Bogor. “HDC adalah sentra bantuan logistik. HDC mengelola dan menghimpun bantuan dari masyarakat berupa barang-barang kebutuhan pokok. Fungsinya jika sewaktu-waktu dibutuhkan, ACT sudah siap untuk mendistribusikan ke berbagai wilayah,” terang Suroto.

Seluruh rangkaian acara distribusi paket kemanusiaan berjalan dengan tertib dan aman. “Seluruh relawan sangat senang melihat kebahagiaan terpancar dari wajah penghuni rusun. Kami juga berharap, saudara kita yang berada di lembaga pemasyarakatan terus berubah lebih baik serta menjadi pribadi yang banyak menebar manfaat untuk siapapun,” pungkas Suroto. []