Bantuan Kemanusiaan Hadir untuk Korban Kebakaran Gunung Bugis

Pascakebakaran yang menghanguskan permukiman di Gunung Bugis, Balikpapan, ACT bersama relawan MRI bergerak cepat mendatangkan bantuan kemanusiaan.

Anak-anak Gunung Bugis berfoto dengan latar belakang lokasi kebakaran. (ACTNews)

ACTNews, BALIKPAPAN Kobaran api melahap permukiman padat di Gunung Bugis, Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Sabtu (5/6/2021). Berdasarkan data yang dihimpun relawan Masyarakat Relawan Indonesia-ACT Kalimantan Timur, mayoritas bangunan rumah yang terbuat dari bahan kayu membuat api dengan mudah membesar dan luas hingga menghanguskan puluhan rumah di beberapa tiga RT yang dihuni oleh puluhan keluarga.

Merespons bencanan ini, ACT tak hanya menerjunkan tim MRI saja untuk melakukan asesmen. Akan tetapi, bantuan yang mendesak dipenuhi juga segera diserahkan, seperti makanan siap santap. Pendistribusian paket pangan merupakan ikhtiar mendampingi saudara yang tengah dilanda bencana.

“Selain paket pangan, ACT bersama relawan MRI juga mendistribusikan perlengkapan kebersihan dan sekolah,” ungkap Abd Khaidir Ali dari tim Program ACT Kalimantan Timur.

Selain bantuan kemanusiaan, pascakebakaran yang menyisakan puing hangus relawan MRI-ACT juga membersamai warga terdampak dengan bergotong-royong membersihkan lokasi. Total kerugian akibat kebakaran ini belum bisa dipastikan, namun banyak warga kehilangan banyak harta benda dan saat ini membutuhkan bantuan.

Perlu diketahui, kebakaran yang terjadi menjelang tengah malam tersebut selain menghanguskan permukiman dan harta benda, juga memakan satu korban meninggal dunia.[]