Bantuan Kemanusiaan Jangkau Korban Kebakaran Basirih

Puluhan warga kehilangan harta benda usai kebakaran melanda permukiman di Kelurahan Basirih, Banjarmasin Barat. Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Selatan pun segera menyampaikan bantuan kepada para korban.

Bantuan Kemanusiaan Jangkau Korban Kebakaran Basirih' photo

ACTNews, BANJARMASIN – ACT Kalimantan Selatan membagikan puluhan paket logistik kepada para korban kebakaran di Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kamis (8/8). Paket berisi kebutuhan pokok itu dibagikan kepada 26 keluarga yang terdampak kebakaran.

Budi Rahman Wahid dari Tim Program ACT Kalsel mengatakan, pemberian bantuan kepada korban sebagai ikhtiar pemenuhan kebutuhan pangan mereka. “Tim segera kami turunkan untuk melakukan asesmen. Berdasarkan hasil yang tim di lapangan, kebutuhan logistik menjadi keperluan pokok korban saat ini,” lapor Budi, Jumat (9/8).

Sehari sebelumnya, Rabu (7/8) dini hari, api yang berasal dari korsleting listrik salah satu rumah warga melahap puluhan rumah. Salah seorang korban, Bahrani (40), menceritakan pemicu kebakaran berasal dari lantai dua rumahnya.

“Anak saya yang pertama kali merasakan adanya kebakaran karena hawa panas di sekitarnya. Saat ia terbangun, api sudah membesar. Kami pun langsung bergegas keluar tanpa menyelamatkan barang-barang berharga,” cerita Bahrani. Ia sekeluarga hanya membawa pakaian yang menempel di tubuh.


Tim Damkar Banjarmasin pun telah bergerak cepat ke lokasi kebakaran, namun terhambatnya proses pemadamannya listrik di lokasi kejadian, membuat tim damkar tidak bisa langsung menyemprotkan air ke area kebakaran.

Selain Bahrani, salah seorang warga lain yang menjadi korban Arif (39) juga menceritakan musibah itu. Saat kebakaran, ia dan keluarga hanya bisa menyelamatkan beberapa surat penting dan beberapa lembar seragam sekolah anaknya.

Semua barang yang ada di rumah hangus terlelap api, cuma tersisa pakaian yang menempel di badan. Rumah saya berdekatan dengan rumah mertua. Saat kebakaran, saya sebagai kepala keluarga harus menolong anggota keluarga yang lain terlebih dahulu,” ungkap Arif.

Ia pun berterima kasih kepada relawan dan masyarakat Indonesia yang telah membantu para korban segera setelah bencana. Ia pun berharap, sejumlah dukungan terus diberikan kepada para korban kebakaran. []

Bagikan