Bantuan Kemanusiaan Tersalurkan untuk Korban Gempa Halmahera Utara

Pascagempa yang mengguncang Kecamatan Galela, Halmahera Utara, bantuan kemanusiaan mulai didistribusikan. Amanah dermawan melalui ACT diserahkan ke korban terdampak dengan dukungan dari relawan Masyarakat Relawan Indonesia.

act ternate
Penyerahan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Halmahera Utara. (ACTNews)

ACTNews,  HALMAHERA UTARA – Merespons gempa yang cukup besar mengguncang Kecamatan Galela, Halmahera Utara pada Senin (18/4/2022) lalu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia mendistribusikan bantuan kemanusiaan untuk warga terdampak. Bantuan kemanusiaan tersebut berasal dari dermawan.

Kepala Cabang ACT Maluku Utara Surachman Manan mengatakan, dampak gempa mengakibatkan sejumlah bangunan dan rumah ibadah mengalami kerusakan. Korban pun belum mampu merenovasi bangunan tersebut karena berbagai kendala.

“Berdasarkan pantauan tim MRI, cukup banyak kerusakan. Warga pun membutuhkan bantuan kita untuk memulihkan dampak gempa,” ungkap Surachman.

Adapun bantuan yang didistribusikan ke warga terdampak gempa ini ialah bahan pangan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, hingga teh. Bantuan perlengkapan kebersihan pun didistribusikan.

Untuk diketahui, Gempa bermagnitudo 5,2 guncang wilayah Galela Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, pada Senin (18/4/2022) pukul 10.04 WIB. Akibat gempa ini sejumlah bangunan mengalami kerusakan. 

Data BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,97° LU ; 127,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Galela Utara, Halmahera Utara, Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

Menurut Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku ke bawah Halmahera. Gempa tidak berpotensi tsunami.[]