Bantuan Logistik dari IHC Tiba di Tasikmalaya

Bantuan Logistik dari IHC Tiba di Tasikmalaya

ACTNews, TASIKMALAYA - Lima truk logistik dari Jakarta tiba di Kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya, Sabtu (10/11). Truk ini membawa bantuan untuk korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Tasikmalaya. Tak lama truk langsung bergegas menuju Lumbung Ternak Masyarakat ACT Tasikmalaya di Desa Cintabodas, Culamega.

Ari Muntoif sebagai koordinator perjalanan truk mengatakan, lima truk ini membawa berbagai barang yang dibutuhkan pengungsi, seperti makanan, pakaian, dan tenda. “Tenda, makanan bayi, selimut kami bawa. Tak hanya itu, genset untuk keperluan listrik di sana pun dibawa. Total sekitar 35 ton bantuan yang diangkut,” ungkap Ari, Sabtu (10/11) dini hari.

 

Bantuan ini dibawa dari gudang Indonesia Humanitarian Center (IHC) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (9/11). Nantinya, logistik akan didistribusikan dari gudang di LTM ACT menuju titik-titik pengungsian yang tersebar di beberapa kecamatan di Tasikmalaya. Dari data yang dikeluarkan Badan Penghilangan Bencana Daerah Tasikmalaya ada tiga kecamatan yang mengalami dampak banjir bandang dan tanah longsor ini.

Salah satu wilayah yang terdampak tanah longsor ada di Dusun Culamega 1, Desa Bojongsari, Culamega. Di dusun tersebut 120 jiwa terpaksa mengungsi akibat rumahnya mengalami kerusakan. Sedangkan 5 rumah rusak parah dan 1 rumah roboh sehingga tidak dapat ditempati lagi. “Sebagian besar masyarakat mengungsi ke rumah kerabat,” ungkap Kepala Dusun Culamega 1 Agus Muhizar, Sabtu (10/11).

 

Agus menambahkan, memang sudah setiap tahun di daerahnya dilanda banjir dan tanah longsor. Namun, baru di tahun ini bencana banjir dan longsor terbesar terjadi. []