Bantuan Modal Usaha Hadir di Maluku

Global Wakaf-ACT hingga kini terus meluaskan manfaat wakaf. Di Ambon, melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia, pelaku usaha yang tengah berjuang melawan pandemi dibantu mengakses permodalan tanpa riba.

Salah satu pelaku usaha di Ambon yang menerima bantuan modal usaha. (ACTNews)

ACTNews, AMBON – Bantuan modal usaha lewat program Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia terus meluas. Kali ini, modal dari dana wakaf tersebut disalurkan kepada 11 pelaku usaha di Ambon, Kamis (25/3/2021). Dengan hadirnya bantuan modal usaha tanpa riba, diharapkan bisa menopang operasional usaha di tengah pandemi yang tengah melanda.

Koordinator Program Global Wakaf-ACT Maluku Muhammad Syamsudin Mahu mengatakan, hadirnya Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia memberikan akses permodalan tanpa bunga. Di Ambon, sebanyak 100 pelaku usaha tersebar di empat kecamatan telah mendapatkan bantuan ini. Mereka datang dari dengan berbagai jenis usaha, tapi mayoritas di bidang pangan.

“Dukungan agar usaha kecil dan mikro terus berjalan aktivitasnya di tengah ketidakpastian akibat pandemi sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Baca juga: Rizal Mencoba Bangkit Lewat Usaha Kue Bangkit

Salah satu penerima modal usaha ialah Sri Rahayu. Pedagang lontong sayur dan gado-gado di kawasan Lorong Putri, Batu Merah, Sirimau ini merasa senang dengan hadirnya bantuan modal usaha. Ia mengungkapkan, selama pandemi dampaknya pada pendapatan sangatlah terasa. Hal tersebut karena sepi pembeli.

“Alhamdulillah sekarang dapat bantuan modal, semoga bisa meningkatkan hasil penjualan,” harap Sri.

Selain di Ambon, Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia juga Global Wakaf-ACT serahkan ke pelaku usaha kecil di Batam, Kepulauan Riau. Selain akses permodalan, Global Wakaf-ACT juga memberikan fasilitas pendampingan. Hasilnya, sebagian besar usaha telah mengalami perbaikan kondisi menjadi lebih baik.[]