Bantuan Modal Usaha Sapa Para Pelaku UMKM di Pelosok Kabupaten Bintan

Global Wakaf-ACT memberikan bantuan Wakaf UMKM kepada puluhan para pelaku usaha kecil di pelosok Kabupaten Bintan pada Sabtu (2/10/2021) lalu.

bantuan modal bintan
Dengan bantuan modal beserta pendampingan ini, diharapkan dapat mendorong usaha para penerima manfaat di masa-masa sulit seperti sekarang. (ACTNews)

ACTNews, BINTAN – Kesulitan ekonomi menjadi salah satu dampak yang harus dihadapi masyarakat akibat pandemi. Pergerakan yang terbatas jadi sandungan, terutama bagi para pejuang nafkah harian. Jumlah pembeli pun ikut merosot, sehingga memengaruhi pemasukan serta permodalan.

Berangkat dari keadaan ini, Global Wakaf-ACT Tanjungpinang menelusur hingga ke Pulau Buton, tepatnya di Desa Air Glubi, Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan pada Sabtu (2/10/2021) lalu. “Di desa yang sebagiannya belum teraliri listrik ini, banyak tinggal para nelayan serta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Maka perjalanan kita kali ini adalah untuk bersilaturahmi dan memberi bantuan kepada mereka,” ujar sebagai Kepala Cabang ACT Tanjungpinang.

Tim juga sempat datang ke dua lokasi lainnya yakni di Kampung Wacopek, Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur, dan Kampung Banjar, Kelurahan Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang. Terhitung ada 10 orang penerima manfaat yang menerima bantuan melalui program Wakaf UMKM pada hari itu.


Seperti Sri Hastuti salah satunya. Ia mempunyai usaha warung kecil dan berjualan gorengan di teras rumah. Beberapa hari belakangan  warung itu tidak berjualan karena Sri tidak mempunyai modal lagi. Karenanya, Sri senang dengan kehadiran program Wakaf UMKM ini. “Terima kasih sudah memberikan kami jalan untuk kembali membuka usaha. Biar bisa bayar sekolah anak meski keuntungan yang di dapat sedikit,” ungkapnya.

Selain memberikan modal usaha, Tim Global Wakaf-ACT akan melakukan pendampingan dan bimbingan usaha kepada penerima manfaat, sehingga mereka dapat mengelola usahanya dengan lebih baik lagi. “Semoga bantuan ini bisa membantu dan menyemangati UMKM untuk tetap berjuang dan bertahan di masa-masa sulit ini,” ungkap Ilham. []