Bantuan Natura untuk Korban Longsor di Garut

Bantuan Natura untuk Korban Longsor di Garut

ACTNews, GARUT – Tim Tanggap Bencana dari Disaster Emergency Response/DER-ACT, merespon cepat bencana tanah longsor di Kampung Babakan Kawung, Desa Karyamekar Kecamatan Cilawu-Kabupaten Garut, dengan memberikan bantuan natura, Jumat (3/3).  

Bantuan natura berupa: perlengkapan memasak lengkap, makanan, perlengkapan mandi, pakaian layak pakai, kebutuhan bayi dan anak sekolah didistribusikan kepada para pengungsi di lokasi pengungsian di Madrasah Nur Iman. Penyerahan bantuan dihadiri Sekretaris Camat Cilawu, Perangkat Desa Karyamekar, serta para relawan dari MRI Garut.  

Seperti diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor ini terjadi pada Kamis, (2/3), pukul 16.00 WIB. Kejadian ini menimpa 3 rumah, yang berada di bawahnya. Pada saat kejadian 3 Kepala Keluarga/KK yang menjadi korban tidak sedang berada di rumah, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Kondisi tanah yang labil atau rentan longsor, membuat saat ini korban mengungsi.

Karsono (50) salah seorang korban, menuturkan dengan lirih “Waktos eta teh abdi sadaya nuju kemit wargi nu teu damang, waktos ka bumi, ya Alloh, taneuhna longsor. Pami dipaksakeun ka lebet, pasti ngagebrus kana jurang (Waktu itu saya sekeluarga sedang menemani keluarga yang sakit, saat pulang ke rumah. Ya. Allah, tananhya longsor, kalo dipaksakan masuk rumah, maka pasti roboh masuk jurang),”ujarnya.

Sedih pisan, bade ngawengi dimana ieu barudak. Bumi mung hiji-hijina. Sadaya barang teu tiasa dicandak pisan. Ya Alloh ya robbi, tulungan abdi, ya Alloh (Sedih sekali, mau tidur dimana anak-anak. Rumah satu-satunya. Semua barang tidak bisa diambil satu pun. Ya Allah ya robbi, tolonglah saya ya Allah),”tambah Karsono, sambil menunduk menggeleng-gelengkan kepalanya, sesekali mengusap tetesan air matanya penuh rasa sedih.

Karsono bersama 3 KK lainnya sebanyak 11 orang, dengan 3 orang anak-anak dan 2 orang balita mengungsi di Aula Madrasah Nur Iman. Tidur hanya beralas tikar ruangan besar 15x15 meter persegi. Beruntung saat ini mereka dibantu oleh Tim Tanggap Bencana ACT dan MRI Garut.

“Kami turut prihatin atas kejadian ini, kami berharap Allah pasti akan menolong pak Karsono dan lainnya. Kami juga dari Aksi Cepat Tanggap baru bisa membantu alakadarnya. Semoga dapat sedikit meringankan. Bapak Jangan sedih lagi, yah!”,tutur Adi Nugraha, Koordinator Daerah/Korda MRI Garut, sambil mengelus pundak Karsono.

Asep Mulyadin selaku Sekretaris Kecamatan, mengapresiasi bantuan ACT. “Kami berterima kasih atas kepedulian ACT kepada warga kami. Semoga bisa meringankan keluarga korban. Sekali lagi terimakasih ACT. Bagi kami juga sedang memikirkan relokasi mereka kemana, mengingat belum ada tanah yang dapat dibangun,”pungkasnya.  

Keterlibatan semua pemangku kebijakan di Desa Karyamekar sangat baik, kehadirannya sangat dirasakan dapat membantu korban dan kehidupan sehari-harinya. Kebutuhan korban memang cukup besar, karena para korban belum sempat menyelamatkan harta mereka dirumahnya yang sekarang tertimbun tanah longsor. Semoga para korban longsor, bisa kembali menuju kehidupannya yang lebih baik, amiin… [] Kontributor: A.Nugraha

Tag

Belum ada tag sama sekali