Bantuan Pangan Bersamai Muslim Uighur Sepanjang Ramadan 2020

Akibat pandemi, ekonomi muslim Uighur di Turki terdampak. Untuk meringankannya, saat Ramadan 2020 ACT distribusikan ribuan paket pangan.

Anak-anak muslim Uighur di Turki. (ACTNews).
Ilustrasi. Anak-anak muslim Uighur di Turki. (ACTNews)

ACTNews, ISTANBUL — Pandemi Covid-19 mendampak kehidupan diaspora muslim Uighur di Turki tahun 2020. Sejumlah diaspora Uighur turut kehilangan pekerjaan, sementara, harga bahan pokok mengalami kenaikan. Keadaan itu berlanjut hingga Ramadan.

Dukungan untuk muslim Uighur pun diikhtiarkan Aksi Cepat Tanggap. Bentuk perhatian diwujudkan menjadi ratusan paket pangan yang ditujukan kepada 1.860 jiwa. Pendistribusian bantuan dilakukan di awal Ramadan 1441 Hijriah lalu. 

Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response-ACT mengatakan, bantuan paket pangan pada awal Ramadan tahun lalu untuk muslim Uighur di Istanbul diharapkan bisa meringankan beban ekonomi mereka. Sebagian diaspora memang baru bisa mengandalkan  bantuan kemanusiaan dan komunitas untuk bertahan hidup. Selama pandemi mereka pun tidak bisa mengakses pekerjaan. 


Firdaus melanjutkan, di 10 hari terakhir Ramadan, ACT kembali membagikan paket pangan untuk diaspora muslim Uighur di Turki. Target penerima manfaat lebih banyak. 

“Jadi bantuan paket pangan 10 hari terakhir Ramadan dilakukan di dua tempat, di Kayseri diberikan kepada 260 kepala keluarga atau 1.560 jiwa. Lalu di Istanbul bantuan pangan ini menjangkau 230 kepala keluarga atau 1.380 jiwa,” ujar Firdaus, Senin (22/3/2021). Ia berharap, Ramadan tahun ini kebaikan masyarakat Indonesia dapat kembali hadir untuk muslim Uighur.[]