Bantuan Pangan Dermawan, Oase di Tengah Kelaparan Yaman

Bantuan pangan dermawan didistribusikan ACT untuk 1.475 jiwa masyarakat Yaman.

paket pangan Yaman
Masyarakat Yaman menerima bantuan paket pangan dari dermawan. (ACTNews)

ACTNews, TAIZ – Aksi Cepat Tanggap terus mendistribusikan bantuan paket pangan untuk warga Yaman di Al Qahira, Almodhfar, dan Salah, Taiz, pada pekan lalu. Total 1.475 jiwa masyarakat Yaman menerima bantuan ini. 

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response (GHR) ACT menjelaskan, satu paket pangan terdiri dari 25 kilogram tepung, 10 kilogram beras, 10 kilogram gula, 3 liter minyak goreng, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

“Insyaallah, bantuan paket pangan ini, dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga prasejahtera di Yaman untuk 1-2 bulan ke depan. Para penerima manfaat ini sangat antusias dan bahagia,” ujar Said, Ahad (14/11/2021). Said pun mengajak masyarakat untuk terus membersamai aksi ini.

Krisis kemanusiaan di Yaman masih berlangsung.PBB mencatat separuh fasilitas kesehatan di Yaman mengalami kerusakan parah. Sementara pandemi Covid-19, wabah kolera, dan epidemi malnutrisi pada anak-anak mengakibatkan ribuan angka kematian. 

Kantor Koordinasi Bantuan Kemanusiaan PBB mewanti-wanti lebih dari 16 juta penduduk Yaman akan mengalami kelaparan tahun ini. Adapun bagi setidaknya setengah juta warga, bencana kelaparan sudah menjadi realita. Bahkan akibat krisis, warga Yaman sampai harus mengais makanan di tempat sampah. []