Bantuan Pangan Dermawan Pulihkan Kehidupan di Gaza

DIstribusi bantuan pangan sejumlah 20 ton menjadi ikhtiar berkesinambungan Aksi Cepat Tanggap untuk membantu pemulihan Gaza.

paket pangan palestina
Paket pangan untuk warga Gaza tengah dikemas di Indonesia Humanitarian Center. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Masyarakat Gaza masih terus berjuang memulihkan kehidupan usai serangan Israel ke pada Mei lalu. Selain nyawa, serangan itu pun turut merenggut harta benda keluarga-keluarga di Gaza. Mereka pun kesulitan memenuhi kebutuhan hidup.

Ikhtiar berkesinambungan pun terus dilakukan Aksi Cepat Tanggap untuk membantu pemulihan masyarakat Gaza. Pertengahan Agustus ini, ikhtiar tersebut diwujudkan dalam bentuk bantuan pangan yang diimplementasikan selama Senin hingga Kamis (16-19/8/2021) lalu.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap menjelaskan, bantuan pangan dikumpulkan di Indonesia Humanitarian Center untuk dipak. “Tiap paket setidaknya memiliki berat 25 kilogram dan berisi berbagai bahan pangan. Dari mulai beras, garam, gula, minyak, daging kalengan, keju kaleng, kacang-kacangan, sambal, dan bahan makanan lainnya. Lebih dari 4.000 warga prasejahtera Gaza menjadi penerima manfaat dalam aksi ini,” kata Said Ahad (22/8/2021).

Distribusi dilakukan dari Gaza Utara hingga Gaza Selatan. Dari mulai Jabalia dan Um Al Nasser di Gaza Utara, kemudian ke Al Sabra di Kota Gaza, lalu Tal Asoltan di Rafah, dan Al Kuba di Khan Yunis. Paket pangan tersebut diantar langsung ke depan rumah warga oleh relawan ACT di sana," ujar Said.

Ia juga menjelaskan, saat ini, sebagian besar masyarakat Gaza terus bergantung pada bantuan berbagai pihak. Pembagian paket pangan, diharapkan Said juga dapat diteruskan untuk minggu-minggu berikutnya. Said pun mengajak Sahabat Dermawan untuk bisa terus memberikan bantuan terbaiknya. Dengan dukungan para dermawan, aksi-aksi kemanusiaan ACT bisa terus berlanjut di Gaza. []