Bantuan Pangan Hadir untuk Panti Asuhan Prasejahtera di Kalbar

Dalam kunjungannya tim juga membagikan Alquran untuk Panti Asuhan Amal Jariah.

Bantuan diberikan langsung dari tim MSR-ACT kepada pihak Panti Asuhan Amal Jariah. (ACTNews)

ACTNews, KUBU RAYA - Tim Mobile Social Rescue (MSR) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Barat, melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Amal Jariah di Desa Rasau Jaya Umum, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Selasa (29/10) lalu. Dalam kunjungan itu, tim memberikan sejumlah bantuan kepada 41 santri (sebutan anak asuh di Panti Asuhan Amal Jariah) yang tinggal di panti.

“Selain untuk asesmen kondisi santri, kami juga memberikan sejumlah bantuan, yakni bantuan pangan dan susu dari Frisian Flag. Selain itu, bantuan ini juga diberikan kepada lima orang pengurus Panti Asuhan Amal Jariah,” ujar Amelian Dinisia dari Tim Program ACT Kalimantan Barat, Jumat (1/11).

Bantuan tersebut di antaranya berisi beras, telur, minyak goreng, dan makanan instan. Selain itu tim juga menyalurkan sejumlah Alquran dari salah satu mitra ACT Kalimantan Barat, yakni Transmart.

Amelian menambahkan, kondisi fasilitas santri di panti juga dalam keadaan yang sangat membutuhkan, seperti bangunan asrama. Para santri masih menumpang di bangunan panti lain karena tidak memiliki ruangan sendiri.


Tim MSR-ACT bersama para santri di depan bangunan salah satu Panti Asuhan Amal Jariah. (ACTNews)

“Santri sebagian besar berasal dari latar belakang keluarga prasejahtera dan beberapa juga merupakan anak yatim. Untuk tidur saja, hingga kini kondisinya masih prihatin. Seperti santri putri yang masih menumpang ke panti lain yang masih satu yayasan dengan panti ini,” jelas Amelian.

Setelah melakukan asesmen, ke depannya tim berencana akan kembali menyalurkan bantuan untuk Panti Asuhan Amal Jariah. Penggalangan donasi akan dilakukan untuk pembangunan asrama panti asuhan itu.

“Per hari ini kita tengah mempersiapkan penggalangan donasi untuk pembangunan asrama santri. Jika terlaksana, kita berharap para santri dapat tinggal di panti asuhan ini dengan kondisi yang lebih nyaman dari sekarang,” kata Amelian.

Pihak panti juga merasa sangat berterima kasih dengan kehadiran tim MSR-ACT di Panti Asuhan Amal Jariah. Pihak panti berharap, dari silaturahim pertama ini dapat terus terjalin untuk di masa yang akan datang.

“Pihak panti asuhan sangat berterima kasih atas perhatian, bantuan dan silaturahim dari pihak ACT Kalimantan Barat. Mereka mengharapkan, semoga silaturahim pertama kita ini tetap terjalin sampai seterusnya,  dan kami juga tentunya mengharapkan hal yang sama,” pungkas Amelian. []