Bantuan Pangan Jangkau Masyarakat Prasejahtera di Bosnia

Derma masyarakat Indonesia lewat ACT terus menjangkau umat muslim di sejauh-jauhnya wilayah. Ratusan muslim di Bosnia, menjadi salah satu yang merasakan manfaatnya. Juli ini, ACT mendistribusikan dua ton paket pangan kepada empat titik di Bosnia.

paket pangan bosnia
Tim ACT tengah menyiapkan paket pangan untuk didistribusikan ke beberapa lokasi di Bosnia. (ACTNews)

ACTNews, BOSNIA-HERZEGOVINA – Bantuan pangan buah hasil kedermawanan masyarakat Indonesia melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus mengalir. Tidak hanya untuk menyudahi kelaparan di dalam negeri, namun juga hingga ke negara-negara di penjuru dunia, yang jarang dapat perhatian lembaga kemanusiaan.

Bosnia salah satunya, banyak dari penduduk Bosnia merupakan imigran yang berasal dari negara-negara di Timur Tengah. Mayoritas dari mereka yang merupakan keluarga prasejahtera, tidak memiliki pendamping, dan anak-anak yang tidak memiliki orang tua.

Diperkirakan, ada ribuan warga Bosnia yang hidup dalam permasalahan kemanusiaan genting. Covid-19 pun memperparah keadaan. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia, per Jumat (16/7/2021), ada 205.267 kasus positif Covid-19 di Bosnia, dengan kematian hingga 9.665 kasus.

Karena kesulitan-kesulitan tersebut, ACT menghadirkan bantuan. Sebanyak dua ton paket pangan didistribusikan ke empat lokasi di Bosnia. Di antaranya yaitu, Ačanica, Doborovci, Doboj Istok, dan Tuzla Canton. Target distribusi adalah keluarga muslim Bosnia yang terdiri dari para migran, keluarga prasejahtera, dan anak-anak yatim.

“Ini merupakan bukti bahwa bantuan ACT mampu menjangkau umat muslim di sejauh-jauhnya wilayah. Insyaallah, ikhtiar ini akan kami teruskan seiring dengan masuknya bantuan dari Sahabat Dermawan,” kata Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response (GHR)-ACT pada Senin (19/7/2021) kemarin.

Paket pangan ini terdiri dari beras, garam, gula, minyak, daging kalengan, tepung terigu, kacang-kacangan, dan bahan makanan lainnya. Ratusan jiwa turut merasakan manfaat dari paket pangan yang dibeli langsung di sana ini. “Pangan kita beli langsung di sana. Insyaallah akan bemanfaat pula untuk pelaku usaha sekitar,” harap Firdaus. []