Bantuan Pangan untuk Korban Longsor dan Banjir Jagakarsa Disiapkan

Setelah Tim Disaster Emergency Response Aksi Cepat Tanggap turut melakukan evakuasi Sabtu (10/10), bantuan logistik disiapkan untuk warg aterdampak banjir di Ciganjur, Jagakarsa, Ahad (11/10) siang.

Aksi Cepat Tanggap membuka posko kemanusiaan di Masjid As Syifa Ciganjur, Jagakarsa. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyiapkan bantuan logistik untuk korban banjir di Jalan Damai RT 04/02 Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ahad (11/10). Bantuan terdiri dari Air Minum Wakaf, bahan makanan pokok, dan keperluan kebersihan.

“Insyaallah, Ahad siang kami akan melakukan distribusi. Saat ini, pendataan masih dilakukan pihak RW,” jelas Muhammad Albar dari Tim Program ACT Jakarta Selatan.

ACT pun membuka posko kemanusiaan sekaligus menyiagakan armada kemanusiaan berupa Ambulans Pre-hospital, mobil kabin, dan sebuah truk logistik di Masjid As Syifa, Ciganjur, Jakarta Selatan.

Hujan yang terus mengguyur Jakarta pada Sabtu sore memicu bencana longsor yang menimpa warga RT 04/02 Kelurahan Ciganjur. Sedikitnya 300 rumah tangga atau setara sekitar 1.200 jiwa terdampak, satu orang meninggal dunia. Berdasarkan data yang ACT terima Sabtu malam, pusat pengungsi ada di tiga titik posko, salah satunya pendopo RT 04/02. “Sahabat Dermawan dapat memberikan bantuan terbaiknya melalui laman Indonesia Dermawan atau bisa menghubungi ACT Jakarta Selatan,” jelas Albar.

Berdasarkan informasi dari Twitter BPBD, Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama jajaran petugas wilayah setempat di Ciganjur, Jagakarsa telah melakukan peninjauan lokasi longsor dan banjir.[]