Bantuan Perlengkapan Dapur Penuhi Kebutuhan Pondok Pesantren di Gowa

Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan sejumlah peralatan dapur di salah satu pondok pesantren di Kabupaten Gowa. Peralatan tersebut mudahkan para pembina dan santri yang setiap harinya memasak ratusan porsi makanan.

bantuan dapur pesantren
Kekurangan perlengkapan alat dapur atau rumah tangga kerap kali menjadi keluh mereka saat tim relawan ACT berkunjung ke pondok pesantren. (ACTNews)

ACTNews, GOWA – Pendistribusian paket alat-alat dapur kali ini menjadi bentuk dukungan dari lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), kepada Pondok Pesantren Rahmatan Lil’alamiin Khalid Bin Walid yang berada di Lingkungan Samata, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bantuan paket perlengkapan dapur dari ACT tersebut diterima langsung oleh para santri serta pembina pondok pesantren pada Selasa (28/6/2022).

Setiap harinya ratusan porsi makanan disajikan untuk memenuhi kebutuhan para santri juga pembina yang bermukim di sana. Sementara kebutuhan alat dapur mereka sendiri sebenarnya cukup terbatas. Firman, dari Tim program ACT Sulsel menyampaikan kekurangan perlengkapan alat dapur atau rumah tangga kerap kali menjadi keluh mereka saat tim relawan ACT berkunjung ke pondok pesantren.

“Sebuah kesyukuran buat kita semua, berkat kolaborasi yang terus kami lakukan berbagai program terus berjalan dengan baik. Kali ini beberapa paket perlengkapan rumah tangga dari mitra kami yaitu Tira Satria Niaga, turut menyambangi saudara kita yang saat ini mukim di pesantren”, tutur firman saat setelah mendistribusikan paket peralatan dapur tersebut.


Masih tergolong prasejahtera, pondok pesantren Khalid Bin Walid saat ini membina 82 santri yang memiliki latar belakang keluarga tidak mampu. “Turut menjadi perhatian kami sebagai lembaga sosial, anak-anak yang belajar di sini rata-rata keluarga tidak mampu, ada berstatus yatim piatu, duafa, juga beberapa di antaranya merupakan mualaf yang ingin belajar tentang agama Islam”, tambah Firman.

Bantuan berupa perlengkapan dapur diharapkan dapat memudahkan mereka untuk memasak, juga dapat mengganti alat-alat dapur lainnya yang kini sudah mulai rusak. Firman berterima kasih kepada para dermawan, dan mengajak untuk meluaskan kebaikan ini ke masyarakat lainnya yang membutuhkan.

“ACT Sulsel juga mengajak sahabat dermawan berpartisipasi turut mendukung hadirkan musala untuk saudara muslim di Kampung Tanetea dengan sedekah terbaikmu. Bantuan kemanusiaan dapat di tunaikan melalui tautan Indonesia Dermawan. Atau melalui rekening BSI di nomor 716 417 0645 dengan konfirmasi transfer via WhatsApp ke 0821 9224 1414 atau mengunjungi halaman Instagram @act_sulsel,” ajak Firman. []