Bantuan Sahabat Dermawan Tambah Pasokan Pangan Warga Kashmir di Puncak Musim Dingin

Ratusan warga prasejahtera di Kashmir menerima bantuan pangan dari Sahabat Dermawan melalui ACT. Bantuan ini diharapkan menambah ketersediaan pangan mereka saat puncak musim dingin.

bantuan pangan kashmir
Warga Kashmir mendapat bantuan pangan dari tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, AZAD KASHMIR – Bantuan paket ratusan kilogram didistribusikan untuk warga prasejahtera di Azad, Kashmir. Distribusi bantuan ini dilakukan untuk membantu warga Kashmir yang tengah dilanda puncak musim dingin. Bantuan pangan, diharapkan mampu mencegah para penerima manfaat dari kelaparan parah.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Responses ACT menjelaskan, bantuan ini didistribusikan pada Senin-Selasa (24-25/1/2022). Lebih dari 420 warga prasejahtera di Kashmir menerima bantuan ini.

"Bantuan ini diantarkan langsung ke rumah warga. Dalam sepekan ini suhu mencapai -8 derajat Celcius disertai salju lebat membuat warga sulit keluar rumah untuk bekerja dan membeli makanan," ujar Said, Sabtu (29/1/2022).

Salju yang tebal juga telah merusak berbagai tanaman kebun yang menjadi salah satu komoditas pangan utama di Kashmir. Kerusakan pada sektor hortikultura negara bagian tersebut, diperkirakan mencapai jutaan Rupee.

Lebih lanjut, Said menjelaskan bahwa konflik politik menahun juga telah membawa kehancuran perekonomian masyarakat Kashmir. Dampak tidak langsungnya adalah pasokan pangan yang menipis disertai kenaikan harga.

"Selain membutuhkan pasokan pangan. Warga Kashmir juga banyak yang tidak memiliki penghangat ruangan di rumah. Dengan suhu yang begitu rendah, mereka bisa menggigil kedinginan di rumahnya sendiri," tambah Said.

Musim dingin dan salju serimg kali menjadi bencana di wilayah Kashmir . Pada awal Januari lalu, 22 warga meninggal dunia setelah terjebak badai saju di wilayah Murree. Wilayah ini merupakan jalan menuju Azad.[]