Bantuan Sepeda Motor Dukung Langkah Safrudin Cerdaskan Siswa Kampung Waemaras

Untuk menempuh tempat mengajar yang cukup jauh di Kampung Waemaras, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Safrudin mesti berjalan kaki atau menebeng kepada guru lainnya. Untuk mendukung semangat Safrudin, Global Zakat-ACT memberikan bantuan sepeda motor.

bantuan motor ntt
Saat ini, Safrudin mengajar lebih dari 40 siswa. (ACTNews)

ACTNews, MANGGARAI – Safrudin setiap hari berjalann kaki dari rumah menuju Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurussaadah, tempat dia mengabdi. Sekolah itu terletak di Kampung Waemaras, Desa Terong, Kecamatan Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, sekitar dua kilometer dari rumahnya. Sesekali jika kebetulan bertemu, ia menumpang kendaraan guru lain.

Dari pekerjaan itu, Safrudin memperoleh penghasilan senilai Rp500 ribu. Itupun diberikan selama tiga bulan sekali. “Sebab itu, membeli kendaraan bukan prioritas. Ada kebutuhan sehari-hari keluarga yang utama dipenuhi,” kata Safrudin kepada relawan Global Zakat-ACT di Manggarai, awal Mei lalu. Dari penghasilan itu, Safrudin harus menafkahi empat anggota keluarganya yang lain: istri dan tiga orang anak.

Serah terima bantuan motor dari Global Zakat-ACT kepada Safrudin. (ACTNews)

Awal bulan lalu, Global Zakat-ACT menyampaikan amanah muzaki berupa bantuan sepeda motor untuk guru di tepian negeri. Bobby Sandra dari Tim Global Zakat-ACT pada Senin (24/5/2021) menjelaskan, bantuan sepeda motor menjadi salah satu program yang digalakkan Global Zakat-ACT untuk mendukung semangat mengajar guru-guru di daerah.


Selain Safrudin, ada seorang guru lainnya yang akan menerima bantuan di Nusa Tenggara Timur. Selain bantuan kendaraan, Global Zakat-ACT juga mendukung kehidupan para guru di MIS Nurussaadah dengan bantuan biaya hidup Program Sahabat Guru Indonesia. 

“Insyaallah, ada dermawan yang tertarik untuk penambahan kelas dari MIS Nurussaadah. Ke depan di samping program-program regular yang terus memberdayakan guru-guru di sana, kita juga berharap dapat melakukan pembangunan ini,” harap Bobby.[]