Bantuan Tanggap Darurat Jangkau Korban Banjir di Lahat

Banjir bandang melanda enam wilayah di Kabupaten Lahat pada Kamis (9/1) lalu. ACT Sumatra Selatan menurunkan Tim Disaster Emergency Response (DER) untuk mengevakuasi korban banjir, memberikan pelayanan kesehatan, dan memberikan bantuan logistik.

Bantuan Tanggap Darurat Jangkau Korban Banjir di Lahat' photo
Serah terima bantuan kepada salah satu warga terdampak. (ACTNews/Aditya Marsel)

ACTNews, LAHATBanjir yang merendam beberapa wilayah di Kabupaten Lahat mendatangkan nestapa bagi banyak orang. Di beberapa lokasi, tinggi air yang merendam sejak Kamis (9/1) lalu itu bahkan mencapai 1 hingga 2 meter. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Selatan memberikan bantuan di fase tanggap darurat.

Bantuan utama yakni evakuasi warga terdampak banjir oleh Tim Disaster Emergency Response (DER) - ACT pada Jumat (10/1) lalu. Tim yang terdiri dari sepuluh orang ini diterjunkan untuk membantu proses evakuasi dan pelayanan kesehatan. Tim saat ini juga fokus mengirimkan sejumlah bantuan logistik seperti paket sembako, kasur lipat, susu untuk bayi, obat-obatan, dan perlengkapan sekolah.

Head of Marketing ACT Sumatra Selatan, Diwadia menyampaikan bantuan-bantuan untuk korban banjir bandang Lahat telah dan akan terus didistribusikan oleh ACT dalam beberapa waktu ke depan.

"Saat ini kami telah membuka posko di Jalan Veteran, Bandar Agung, Kabupaten Lahat. Insyaallah hari ini (10/1) dari Palembang juga kami kirimkan dua orang relawan untuk ikut serta membantu teman-teman di Lahat. Bersamaan dengan itu juga kami membawa serta perahu karet lengkap dengan peralatan dan pelampungnya, serta beberapa logistik tambahan. Tentu dengan kondisi yang ada, kita membutuhkan banyak sekali bantuan dan kami mengajak masyarakat untuk bergabung saling membantu,” terang Diwadia.

Banjir yang menerjang salah satu rumah warga. Banjir menerjang Lahat pada Kamis (9/1) lalu. (ACTNews/Aditya Marsel)

Berdasarkan informasi yang diterima dari Tim Disaster Emergency Response (DER) - ACT di Lahat, sementara tercatat sebanyak 6 wilayah di Kabupaten Lahat terdampak banjir. Keenam wilayah itu di antaranya Kota Jaya, Desa Gunung Kembang, Kikim Timur, Kikim Selatan, Kikim Barat, dan Gumay Talang. Adapun total warga yang terdampak banjir yaitu sebanyak 324 jiwa, 35 KK mengungsi, serta sebanyak 56 rumah rusak parah akibat diterjang banjir.

Melalui gerakan Indonesia Dermawan, ACT mengajak lebih banyak lagi publik yang mendukung program-program kolaborasi seperti yang ada saat ini. "Armada kemanusiaan yang ada ini akan terus kami usahakan, sehingga kami pun butuh dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar terus berkolaborasi. Sebuah kolaborasi kemanusiaan yang menjadi kearifan lokal yang harus terus terjaga. Bersama kita pasti bisa," tambah Diwa.

Selain ACT, pemerintah setempat juga sudah melakukan upaya-upaya penanggulangan korban banjir. Misalnya saja saat mengevakuasi warga, pemerintah berkolaborasi bersama ACT dan lembaga-lembaga sosial lainnya untuk menanggulangi dampak bencana banjir di Lahat.

Melalui program #BersamaAtasiBencana, ACT terus mengajak para dermawan untuk membantu para penyintas banjir bandang Lahat, baik dalam bentuk bantuan logistik, maupun dalam bentuk tunai. Sahabat Dermawan dapat berdonasi langsung melalui tautan bit.ly/donasi_ACTSumsel atau melalui Rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap di BNI Syariah # 66 0000 5505, lalu konfirmasi ke Whatsapp (081369007979). []

Bagikan