Bantuan Usaha untuk Keluarga Mendiang Rima

Pendampingan terus dilakukan tim MSR-ACT kepada keluarga Rima Olisa, bocah yang menderita kanker stadium 4. Pendampingan ini dalam bentuk pemberdayaan ekonomi setelah kepergian Rima di November tahun lalu.

Bantuan Usaha untuk Keluarga Mendiang Rima' photo

ACTNews, PADANG Rima Olisa, bocah 13 tahun asal Koto Tengah, Padang, Sumatra Barat kini sudah tak lagi ada di tengah keluarganya. Ia tak kuasa melawan kanker tulang stadium 4 di lengan kiri. 

Walau sudah meninggal dunia akhir November 2018 lalu, tim Mobile Social Rescue (MSR)-ACT terus melakukan pendampingan untuk keluarga Rima. Hal ini mengingat Kondisi ekonomi keluarga Rima yang masih prasejahtera.

Aan Saputra dari tim Program MSR-ACT Sumbar mengatakan, untuk menggerakan perekonomian keluarga Rima, MSR-ACT memberikan modal usaha. “Usaha yang dijalani ialah menjual satai, sebagai modal awal berupa ruko yang disewa 1 tahun, gerobak, peralatan untuk berjualan satai serta modal usahanya,” jelas Aan, Selasa (2/7).

Saat ini, usaha sudah berjalan 6 bulan. Penjualan juga meningkat seiring waktu berjalan. Evaluasi serta pendampingan yang dilakukan secara rutin oleh tim MSR-ACT dan keluarga Rima membuat usaha dapat berkembang dan kini sudah memiliki cabang.

Pendampingan yang dilakukan, tambah Aan, berupa pelatihan terkait penjualan, baik penataan tempat, meningkatkan kualitas dagangan, kebersihan, serta pelayanan pembeli yang bekerja sama dengan komunitas setempat.


Sebelumnya, Syafirani (43), ibu Rima, bekerja sebagai pemulung botol plastik dengan penghasilan Rp 600 ribu per bulannya. Sedangkan ayah tiri Rima bekerja sebagai kuli bangunan. Ayah kandung Rima, Sudirman, telah meninggal dunia beberapa tahun yang lalu.

Pendapatan orang tua yang tak seberapa membuat pengobatan Rima tak maksimal. Di tempat tinggal hasil pinjaman orang, Rima melawan kanker yang semakin hari semakin parah. Obat herbal yang dikonsumsi tak mampu melawan pertumbuhan kanker hingga membuat luka besar di tangan remaja 13 tahun itu.

Pada Agustus 2018, tim MSR-ACT yang mendapatkan kabar tentang Rima segera melakukan pendampingan medis. Namun sayang, di tengah pengobatan untuk berjuang sembuh, Rima meninggal dunia pada Selasa akhir November 2018 lalu. []

Bagikan