Bantuan Warga Jakarta untuk Korban Erupsi Semeru Diberangkatkan

Bantuan masyarakat DKI Jakarta untuk korban erupsi Gunung Semeru secara resmi diberangkatkan. Ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat sebangsa kepada korban erupsi Gunung Semeru.[]

bantuan warga jakarta
Presiden ACT (kanan) didampingi Sekda DKI Jakarta Marullah Matali secara simbolis melepas truk pengangkut bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru dari warga DKI Jakarta. (ACTNews/M. Ubaidillah)

ACTNews, JAKARTA PUSAT – Kepedulian terhadap saudara sebangsa korban erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur terus mengalir. Di mana, sebanyak 10 truk bantuan dari masyarakat DKI Jakarta dan mitra ACT diberangkatkan dari Gedung Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Jumat (10/1/2021). 

Dalam Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat DKI Jakarta untuk korban erupsi Gunung Semeru. Meski Jakarta dengan daerah terdampak erupsi Gunung Semeru berjarak ratusan kilometer, tetapi duka yang tengah dialami masyarakat yang menjadi korban erupsi dirasakan sampai Ibukota. 

“Karena masyarakat sebangsa itu ibarat satu tubuh. Ketika satu mata sakit, gejala sakitnya akan dirasakan juga oleh bagian tubuh lain,” ujar Marullah dalam sambutan acara Pelepasan Bantuan Kemanusiaan Warga DKI Jakarta untuk Korban Erupsi Gunung Semeru, Jumat (10/12/2021). 

Selanjutnya, Marullah menjelaskan pemberian bantuan ini juga sebagai contoh agar masyarakat di tempat-tempat lain melakukan hal serupa. Karena erupsi Gunung Semeru masih terjadi dan korban membutuhkan uluran tangan. 

Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar menjelaskan, bantuan yang diberikan masyarakat DKI Jakarta untuk korban erupsi Gunung Semeru berupa makanan beku, makanan bayi, obat-obatan, baju dan selimut baru, serta material infrastruktur. Total bantuan mencapai 50 ton dan diberangkatkan menggunakan 10 truk. 

“Ini merupakan kepedulian masyarakat Jakarta yang disalurkan melalui ACT. Sebelumnya, ACT telah menerjunkan semua armada kemanusiaan berupa Humanity Rice Truck, Humanity Food Truck, serta Humanity Food Bus untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru. Bantuan ini merupakan dukungan nyata atas aksi kemanusiaan di lapangan,” kata Ibnu. 

Ibnu melanjutkan, ACT akan terus membersamai korban erupsi Gunung Semeru. Proses pemulihan baik secara fisik seperti infrastruktur dan non fisik seperti ekonomi korban erupsi berjalan cepat. 

“Dukungan masyarakat penting untuk saudara yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru. Sehingga proses pemulihan pascabencana yang menerjang bisa berjalan lancar dan korban bisa beraktivitas normal” jelas Ibnu.[]