Bantuan yang Sampai ke Hati

“Kami para relawan terharu, melihat beliau sangat antusias menyampaikan terima kasih,” ujar Caca. Ia tidak menyangka, kalau bantuan dari Sahabat Dermawan, yang terlihat sederhana, ternyata begitu berarti dan sampai ke hati para korban erupsi Semeru.

agus mengucapkan terima kasih
Korban erupsi Semeru, Agus (kanan), menyatakan terima kasih kepada Sahabat Dermawan yang telah membantu. (ACTNews)

ACTNews, LUMAJANG – Sebuah kejutan bagi Tim Tanggap Darurat ACT yang tengah mendistribusikan bantuan pangan di Dusun Kamar A, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Senin (20/12/2021) sore. Saat itu suasana amat sepi. Abu vulkanik erupsi Gunung Semeru masih tampak tersisa di sepanjang jalan. Tidak banyak orang beraktivitas, hanya ada beberapa mobil tim evakuasi yang berpatroli. 

Saat itu, tim bertemu dengan Agus (64), salah satu warga terdampak erupsi Semeru, yang hendak menunaikan salat asar. 

Dina Salsabila atau Caca dari Tim Tanggap Darurat ACT yang bertugas menceritakan, tim tidak menyangka kalau langkah sederhana membagikan makanan siap santap untuk warga erupsi Semeru begitu bermakna.

“Kami bertanya kepada beliau (Agus), apa Bapak sudah makan? Beliau menjawab ‘belum, istri belum masak. Kami hanya tinggal berdua’. Tim pun langsung memberi dua porsi makanan siap santap,” cerita Caca, Selasa (21/12/2021).


Usai memberikan makanan, tim hendak melanjutkan aksi, tidak disangka, Agus kembali muncul dari rumah sembari membentangkan kertas putih bertuliskan doa dan ucapan terima kasih. 

Hidup Anda bermakna karena Anda telah berbagi dengan sesama. Kini Warga Kamar A telah menerima sedekah Anda. Kami berdoa semoga sedekah dan amal Anda dibalas Yang Maha Kuasa, amin. Tulis Agus dalam kertasnya. 

“Kami para relawan terharu, melihat beliau sangat antusias menyampaikan terima kasih,” ujar Caca. Ia tidak menyangka, kalau bantuan dari Sahabat Dermawan, yang terlihat sederhana, ternyata begitu berarti dan sampai ke hati para korban erupsi Semeru.[]