BBJB 2018: Berbagi Berkah, Jalin Ukhuwah

Selama Ramadan 2018, ACT berkolaborasi dengan Pemrov DKI mengadakan buka puasa bersama di ratusan RW di Jakarta.

BBJB 2018: Berbagi Berkah, Jalin Ukhuwah' photo

ACTNews, JAKARTA - Bulan Ramadan, bulan di mana pahala dilipatgandakan, umat berlomba melakukan berbagai aksi kebaikan. Kebaikan-kebaikan itu ditujukan kepada saudara yang hidup dalam kesulitan, dimotori semangat meluaskan keberkahan.


Keberkahan itulah yang coba dibagi oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada tahun 2018 lalu, melalui program “Buka Bersama Jakarta Bahagia, Semua Kebagian Berkahnya (BBJB-SKB)”, ACT dan Pemprov DKI menyalurkan 166 ribu paket makanan di 111 RW yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.


Target wilayah peogram BBJB adalah tempat permukiman prasejahtera. Salah satunya di Masjid At Taubah, Pademangan Barat, Jakarta Utara, di mana untuk mencapainya mesti melewati jalan-jalan sempit padat rumah. Sekitar 70 warga yang membutuhkan hadir dalam acara buka puasa bersama di daerah yang berbatasan langsung dengan Teluk Jakarta tersebut.


“Sekali berbuka, saya bisa habiskan Rp 50 ribu. Biaya yang besar buat kami yang penghasilan pas-pasan. Dengan adanya program ini saya jadi bisa menabung buat Lebaran, alhamdulillah. Terima kasih Pak Gubernur Jakarta. Terima kasih ACT," ujar Anita, salah satu warga pada Ramadan 2018 lalu.


Saat itu menurut Anita, Masjid At Taubah memang menyediakan takjil untuk berbuka puasa saat Ramadan. Tetapi hadirnya program dari BBJB kala itu tak sekadar mengganjal perutnya, tetapi juga mengenyangkannya hingga sahur nanti.



Beranjak ke Jakarta Selatan, Masjid Nurul Hidayah, Petogogan, Kebayoran Baru, juga turut menjadi daerah yang menjadi tempat diadakannya BBJB. Tahun lalu, hadir bersama mereka Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, yang turut meramaikan buka puasa bersama di daerah rawan bencana banjir tersebut.


“Ramadan ini biasanya banyak restoran yang penuh, hotel-hotel sudah di-booking sementara banyak warga Jakarta lainnya yang belum mendapatkan kebahagiaan dan kebagian berkahnya Ramadan,” ungkap Sandi.


Tejo Kuswantoro selaku ketua RW 03 Petogogan, turut senang dengan adanya program BBJB. Baginya, program ini menambah berkah untuk warga di kala Ramadan tiba.


“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan ini. Warga di sini juga banyak merasakan manfaat dari kegiatan ini. Dengan kegiatan BBJB, Ramadan kali ini semakin semarak,” jelas Tejo saat itu.




Selain itu, masih ada ratusan RW lagi di Jakarta yang disambangi oleh program BBJB. Untuk melayani ratusan RW tersebut, ACT dan Pemprov DKI Jakarta menyediakan 13 titik Dapur Umum Jakarta Bahagia di sekitar Jakarta dan Kepulauan Seribu untuk menyediakan santapan yang akan menemani buka puasa masyarakat.


Pada Ramadan kali ini, ACT dan Pemprov DKI Jakarta kembali berkolaborasi untuk hadirkan program BBJB. Ratusan titik kumuh dan miskin akan disapa. BBJB siap menyajikan hidangan iftar lezat dan bergizi, menyambung silaturahmi warga lewat momen berbuka puasa bersama penuh berkah. []

Bagikan