Beasiswa Pendidikan Bantu Anak Yatim Uighur Bersekolah

Datang langsung ke Istanbul, Turki, tim ACT menyerahkan bantuan biaya pendidikan untuk ratusan anak Uighur. Diharapkan, bantuan ini mampu memupuk semangat belajar mereka.

beasiswa untuk anak uighur
Anak-anak Uighur menerima beasiswa pendidikan dari dermawan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Hingga 2021 ini, ada sekitar 45 ribu warga keturunan Uighur yang bernaung di Turki. Mereka hidup tanpa status tinggal yang jelas dan kesulitan memenuhi kebutuhan pangan, kesehatan, bahkan pendidikan.

Banyak anak-anak keturunan Uighur tidak bersekolah formal karena keluarga mereka tidak memiliki biaya. Belum lagi, banyak yang berstatus yatim, tidak memiliki sosok pencari nafkah yang bisa membiayai sekolah.

Atas dasar tersebut, Oktober ini tim Aksi Cepat Tanggap datang langsung ke Turki. Tepatnya di Istanbul, salah satu kota terbanyak yang dijadikan tempat bernaung muslim Uighur. Kedatangan tim ACT bermaksud memberikan bantuan biaya pendidikan ke anak-anak Uighur.

"Kami menyampaikan amanah dermawan berupa bantuan biaya pendidikan. Kami berharap, anak-anak Uighur di Istanbul bisa terus bersekolah dan menggapai cita-cita," ujar Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT, Kamis (14/10/2021).

Tidak kurang dari 300 anak di daerah Zeytinburnu, Istanbul, menerima bantuan biaya pendidikan ini. Mereka adalah anak yatim yang duduk di bangku sekolah dasar. Firdaus berharap, bantuan ini mampu memupuk semangat belajar anak-anak dan mengangkat derajat keluarganya.


Sesi kelas bahasa Indonesia. (ACTnews)

Selain memberikan bantuan biaya pendidikan, tim ACT juga sempat memberikan beberapa sesi kelas ke anak-anak Uighur. Salah satu kelas yang ada ialah belajar beberapa kata menggunakan bahasa Indonesia. "Anak-anak sangat antusias dengan kedatangan kami. Mereka juga sangat senang karena belajar hal-hal baru. Insyaallah, akan berguna untuk mereka," pungkas Firdaus.[]