Belajar Mitigasi Bencana di SMA Dharmawangsa Medan

Belajar Mitigasi Bencana di SMA Dharmawangsa Medan

ACTNews, MEDAN - Siang itu, tampak armada regu penyelamat Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara (ACT Sumut) terparkir di depan halaman SMA Dharmawangsa di Jalan KL Yos Sudarso, Glugur Kota, Medan Baru. Lewat program Humanity Day, tujuan tim berkunjung untuk memberikan pelatihan mitigasi bencana, Sabtu (2/2).

Kegiatan diikuti oleh 60 siswa, kebanyakan dari mereka mengikuti organisasi aktif yakni Osis, Pramuka, dan Rohis. Mereka tak hanya mendapat materi pelatihan, tetapi juga praktik langsung mengenai mitigasi bencana kebakaran. Antusiasme pun terlihat saat siswa-siswi SMA Dharmawangsa Medan itu menggunakan APAR atau alat untuk mengatasi api dalam tragedi kebakaran.

Ibnu Hajar, salah seorang guru di SMA Dharmawangsa mengucap syukur dan terima kasih kepada Tim ACT Sumut atas pelatihan yang diberikan. Ibnu juga berharap pelatihan mitigasi bencana bisa bermanfaat bagi siswa-siswinya. “Lingkungan sekolah rawan kebakaran. Lewat pelatihan dan mitigasi bencana ini, semoga kami selaku guru bersama siswa-siswi akan mampu mengatasi bahaya. Terima kasih ACT,” tutur Ibnu.

“Kami juga terima kasih kepada Tim ACT Sumut yang meringankan langkahnya untuk datang ke sekolah kami, lalu berbagi ilmu mitigasi bencana. Semoga ilmu yang dibagikan dapat terus berkembang. Sebab dalam ajaran Islam, jika mendapat ilmu kemudian dibagikan ke masyarakat akan banyak pahala yang terus mengalir,” tambah Ibnu.

Staf Program ACT Sumut Yessi Oktaviani mengatakan, pelatihan mitigasi bencana kala itu adalah kegiatan pertama ACT Sumut pada 2019. Mengangkat tema Humanity Day, ACT Sumut akan melaksanakan secara rutin ke sekolah-sekolah setiap bulan. “Nantinya kami ingin mengajak elemen masyarakat, khususnya dunia pendidikan untuk berkolaborasi dan bermitra dalam hal penanganan mitigasi bencana.” jelas Yessi. []

Tag

Belum ada tag sama sekali