Belanja di Pasar Sedekah, Bangkitkan Ekonomi UMKM Terdampak Pandemi

Pembeli yang berbelanja di Pasar Sedekah, tidak hanya membantu pelaku usaha untuk bisa bertahan di kepungan pandemi, namun juga diajak bersedakah untuk orang lain yang membutuhkan.

pasar sedekah act
Pasar Sedekah menjadi platform jual beli yang dipelopori ACT untuk membantu para pelaku usaha kecil dari keterpurukan selama pandemi. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Melonjaknya angka kasus penyebaran Covid-19 membawa dampak buruk ke berbagai sektor. Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) jadi salah satunya. Kebikan pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah, membuat aktivitas masyarakat di luar menjadi berkurang. Aktivitas belanja di warung atau pedagang kecil lainnya pun turut merosot. Imbasnya, banyak pelaku usaha kecil yang omsetnya turun drastis, atau bahkan terpaksa menutup usahanya.

Lewat marketplace yang dipelopori Aksi Cepat Tanggap (ACT), yaitu Pasar Sedekah, ACT menawarkan solusi untuk membangkitkan para pelaku usaha mikro dari keterpurukan selama pandemi. Pasar Sedekah mengajak para pelaku usaha untuk memaksimalkan profit dan meluaskan jaringan pemasarannya dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai ekonomi syariah dan asas kebermanfaatan.

“Pasar Sedekah mampu menjadi platform belanja daring alternatif yang aman, mudah, dan nyaman. Insyaallah juga sarat manfaat perniagaan. Bagi para pembeli yang berbelanja di Pasarsedekah.com, maka otomatis akan membantu para pelaku usaha untuk bisa tetap bertahan di kepungan pandemi,” ujar CEO Pasar Sedekah, Puti Halimah, Jumat (23/7/2021).

Berbagai katergori produk dijual di Pasar Sedekah. Dari mulai makanan, pakaian, berbagai produk kesehatan, dan lain sebagainya. Bahkan, banyak penawar jasa yang menarik di Pasar Sedekah. Seperti jasa jait dan permak, jasa pembuatan undangan pernikahan digital, jasa cuci sepatu dan sofa, dan masih banyak lagi.

Sesuai namanya, setiap transaksi di Pasar Sedekah memiliki nilai sedekah yang tentunya mendatangkan kebermanfaatan dan keberkahan. Penjual dan pembeli tidak hanya saling memberi manfaat di antara keduanya, namun juga untuk orang lain yang membutuhkan. Di awal, penjual akan diajak untuk menunaikan sedekah per barang atau per produknya. Sementara bagi pembeli, begitu transaksi dilakukan, akan dianjurkan pula untuk menunaikan sedekah.

“Sedekah yang masuk, kemudian akan dikumpulkan dan dialokasikan ke berbagai program bantuan kemanusiaan yang digaungkan ACT. Dari mulai membantu masyarakat di dalam negeri, hingga menjangkau berbagai negara di dunia yang tengah mengalami krisis kemanusiaan,” jelas Puti.

Bagi masyarakat yang ingin berbelanja sekaligus bersedakah dan membantu para pelakuk usaha mikro, bisa langsung mengunjungi situs resmi Pasar Sedekah di Pasarsedekah.com. Begitu pun dengan para pelaku usaha yang ingin mendaftarkan dagangannya di Pasar Sedekah, bisa langsung mendaftarkan diri di situs yang sama.

“Nanti ada pilihan daftar untuk penjual. Setelah isi formulir lengkap, kemudian unggah produk dan lain sebagainya, nanti akan dihubungi oleh tim kami. Baru nantinya dilakukan proses lanjutan, verifikasi, pengisian data, dan lain sebagainya,” pungkas Puti. []