Belasan Rumah Rusak dan Ternak Mati karena Banjir di Kabupaten Banggai

Banjir bandang menerjang Desa Dondo di Kabupaten Banggai. Musibah itu membuat 14 rumah warga rusak dan hewan ternak mati.

banjir bandang banggai
Rumah warga di Desa Dondo ambruk diterjang banjir bandang pada Rabu (9/3/2022) pukul 03.00 WITA. (ACTNews)

ACTNews, BANGGAI – Banjir bandang terjang Desa Dondo, Kecamatan Balantak Selatan, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (9/3/2022) pukul 03.00 WITA. 

Fahri Syahadah dari tim ACT Luwuk Banggai menjelaskan, banjir bandang dipicu hujan deras yang mengguyur Desa Dondo dan sekitarnya. “Meski kejadian banjir dini hari, alhamdulillah tidak ada korban jiwa.” kata Fahri.

Fahri menjelaskan, berdasarkan data sementara dari Pemerintah Desa Dondo, banjir menyebabkan 7 rumah rusak berat dan 7 rumah rusak sedang. Sejumlah hewan ternak warga juga mati.

Banjir berdampak pada 63 keluarga. Saat ini, keperluan warga terdampak banjir adalah makanan siap saji, alat-alat tidur, dan air minum. 

“Hingga pagi pukul 07.00 WITA banjir belum surut. Insyaallah hari ini, kamis masih terus menggalang bantuan, baik offline dan online. Kami juga melakukan asesmen dan mendistribusikan bantuan tahap awal,”  pungkasnya.[]