Belasan Sumur Wakaf Penuhi Kebutuhan Sanitasi Keluarga Prasejahtera di Bogor

Global Wakaf - ACT membangun 13 unit Sumur Wakaf Keluarga di Desa Tegalwangi, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Pembangunan Sumur Wakaf Keluarga ini ditujukan untuk penyediaan air bersih mengingat warga daerah tersebut masih sulit mendapatkan air bersih dan sanitasi.

Belasan Sumur Wakaf Penuhi Kebutuhan Sanitasi Keluarga Prasejahtera di Bogor' photo
Warga sedang memanfaatkan salah satu Sumur Wakaf Keluarga yang baru saja dibangun. (ACTNews)

ACTNews, BOGOR – Global Wakaf – ACT membangun 13 unit Sumur Wakaf Keluarga di Desa Tegalwangi, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Pembangunan yang dimulai sejak pertengahan Februari 2020 ini, menyasar warga prasejahtera yang juga belum memiliki sanitasi yang baik di rumahnya.

Mochammad Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf juga menjelaskan, Global Wakaf – ACT menjadikan desa ini prioritas sasaran pembangunan Sumur Wakaf Keluarga dikarenakan desa tersebut masih terbatas untuk urusan air bersih dan sanitasi. Selain itu, kekeringan juga kerap menyapa kala kemarau.

Masih terbatas sumber air bersihnya sehingga masih banyak masyarakat yang buang air besar (BAB) ke kali atau menggunakan jamban di pinggir sungai. Sumber air dari sungai pun kurang bersih karena sudah banyak tercemar, terutama akibat limbah peternakan ayam. Ketika masuk musim kemarau, sumur warga mengeluarkan air tetapi sangat sedikit dan beberapa ada yang kering. Sebagian warga juga belum memiliki sumur sendiri,” kata Nurul pada Jumat (5/6) lalu.

Keterbatasan akan air bersih juga membuat mereka mau tidak mau melakukan aktivitas mencucinya di sungai. Hal tersebut diakui oleh Enung Haryati, salah satu warga. Sebelumnya ia juga kerap mengambil air di sungai untuk berbagai keperluan.


Pembangunan Sumur Wakaf di rumah Enung. (ACTNews)

“Sebelum saya mendapat air bersih, saya mandi dan mencuci ke sungai juga. Akhirnya saya mendapatkan Sumur Wakaf dari Global Wakaf – ACT, dan saya senang sekali,” kata Enung. Ia juga saat ini sedang membangun kamar mandi di rumahnya agar sanitasi tak perlu ia lakukan lagi di sungai.

Enung berterima kasih kepada Global Wakaf – ACT serta wakif yang telah membangun Sumur Wakaf tersebut di rumahnya. “Airnya bagus, bersih, dan besar (deras) keluar airnya. Tidak ada gangguan. Mudah-mudahan Global Wakaf – ACT selalu jaya, (tim dan wakif) selalu sehat semuanya, saya doakan Global Wakaf – ACT lebih maju,” ucap warga yang tinggal di Kampung Lengkong ini.


Hadirnya Sumur Wakaf Keluarga diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan sanitasi 12 keluarga lainnya. 
“Kita berharap program Sumur Wakaf Keluarga ini tidak hanya mengalirkan air bersih kepada warga-warga di Kecamatan Jasinga saja, tapi juga wilayah lainnya di Kabupaten Bogor. Dan tentunya, kehadiran Sumur Wakaf Keluarga ini dapat terwujud dengan dorongan dari wakif sekalian. Jadi kami juga mengharapkan dukungan dari para wakif,” tutur Nurul. []


Bagikan