Bencana Terjadi di Sebagian Besar Wilayah di NTT

Bencana dampak dari siklon tropis Seroja terjadi hampir di seluruh wilayah di Nusa Tenggara Timur. Berikut laporan bencana yang terjadi di berbagai wilayah NTT.

Posko Kemanusiaandi Kelurahan Wetabua, Kecamatan Telukmutiara, Alor. (ACTNews)

ACTNews, NTT Cuaca ekstrem dampak siklon tropis Seroja mengakibatkan sejumlah bencana terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di Kota Kupang angin kencang, banjir rob, longsor, dan gelombang pasang mendampak 2.190 jiwa, 657 rumah terdampak, 10 rumah rusak berat, dan pohon tumbang. Banjir rob juga terjadi di Kabupaten Sikka yang membuat 1.195 warga mengungsi.

Bencana juga terjadi secara masif di Flores Timur. Banjir bandang menerjang delapan desa di empat kecamatan di Flores Timur pada Ahad (4/4/2021) dini hari. Per Senin (5/4/2021) pukul 08.00 WITA 62 orang meninggal dan 4 hilang akibat bencana tersebut.

Banjir bandang juga terjadi di Malaka yang mengakibatkan 1.154 rumah dan 65 fasilitas umum terdampak. Sementara di Kabupaten Alor, banjir bandang merendam tiga desa. Sebanyak delapan orang meninggal, 21 unit rumah rusak berat, 106 unit rumah rusak sedang, dan 11 fasilitas umum terdampak. 

Cuaca ekstrem juga membuat Malaka Tengah, Roten Ndao, dan Ndaga diterpa angin kencang sementara Sumba Barat dan Sumba Timur terendam banjir. Lalu, di Kabupaten Lembata diterjang banjir lahar dingin pada Ahad (4/4/2021) yang diduga dari Gunung Ile Lewotolok, Kecamatan Ile Ape. Bencana ini menewaskan 11 jiwa.


Distribusi bantuan ke penyintas banjir bandang di Kecamatan Adonara Timur Flores Timur (ACTNews)

Merespons bencana yang terjadi di NTT Koordinator Tanggap Darurat Aksi Cepat Tanggap Lukman Solehudin menerangkan, Aksi Cepat Tanggap telah menugaskan relawan ke berbagai lokasi terdampak untuk melakukan evakuasi dan mendirikan Posko Kemanusiaan. 

“Aksi Cepat Tanggap sudah merespons situasi darurat ini dengan menyiagakan relawan penyelamat. Saat ini sejumlah relawan tengah melakukan asesmen dan membantu warga mencari korban hilang. Sementara, Posko Kemanusiaan sudah didirikan di Alor, bantuan awal juga sudah didistribusikan di Kecamatan Adonara Timur. Tim medis kami juga sedang menuju Larantuka,” Terang Lukman.[]