Beragam Kebutuhan Pangan Hadir di Lumbung Sedekah Pangan

Kehadiran Lumbung Sedekah Pangan tak hanya menyediakan bahan pangan pokok saja bagi masyarakat prasejahtera. Dalam perjalanannya menuju tiga bulan ini, hadir juga pangan tambahan seperti makanan ringan, minuman saset hingga susu yang bisa diambil secukupnya secara gratis.

Beragam Kebutuhan Pangan Hadir di Lumbung Sedekah Pangan' photo
Salah satu jemaah Masjid Al-Huda Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat mengambil stok pangan di Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Menjelang bulan ketiga hadirnya Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT), sudah hadir ratusan titik Lumbung Sedekah Pangan di Indonesia. Gerakan yang kemudian diluaskan oleh relawan Masyarakat Relawan Indonesia serta masyarakat ini pun menghadirkan berbagai kebutuhan pangan yang bisa diambil secukupnya oleh warga prasejahtera. Yang menarik ialah dengan hadirnya berbagai kebutuhan pangan, tak hanya beras, tepung, tahu dan tempe saja yang lazim dikonsumsi masyarakat, tapi juga keperluan lain hingga susu serta camilan untuk anak-anak.

Seperti yang terlihat di Lumbung Sedekah Pangan Al Ihsan, Jakarta Selatan pada Jumat (30/10). Di rak tersebut, tersedia gula, minyak goreng, terigu, hingga roti. Semua pasokan pangan itu datang dari warga sekitar Lumbung Sedekah Pangan yang memberikan sedekahnya. Warga prasejahtera pun segera mengambil kebutuhan pangan mereka secukupnya.

“Setiap orang bisa mengambil kebutuhan pangan mereka secukupnya di Lumbung Sedekah Pangan. Setiap orang juga bisa memberikan sedekah pangannya dengan medium rak ini,” jelas Muhammad Albar dari tim Program ACT Jakarta Selatan.

Beragam kebutuhan pangan juga bisa ditemukan di Lumbung Sedekah Pangan yang ada di Gang Radial, Gunung 4, Balikpapan pada hari Jumat ini. Sebanyak 130 keluarga mendapatkan paket sayur mayur yang telah dibungkus plastik. Bayam, kangkung, taoge hingga jagung secara gratis bisa warga dapatkan.

Lumbung Sedekah Pangan di Gang Radial, Balikpapan ini didampingi oleh relawan MRI Balikpapan. Rak kebaikan ini hadir di tengah lingkungan warga prasejahtera. Untuk itu, sambutan baik pun datang. “Enggak cuma sayur mayur, ada juga makanan matang di Lumbung Sedekah Pangan hari ini,” jelas Muhammad Iqbal dari tim ACT Balikpapan.

Lumbung Sedekah Pangan sendiri merupakan bagian dari gerakan yang ACT inisiasi sebagai respons dampak pandemi yang hingga kini belum berakhir. Di beberapa daerah, pangan yang hadir di rak kebaikan itu pun cukup beragam, ada telur hingga buah-buahan yang semuanya bisa diambil secara gratis. Hadirnya pangan gratis ini pun tidak lepas dari dermawan yang menyedekahkan hartanya.

Iqbal mengatakan, Lumbung Sedekah Pangan, selain menerima sedekah langsung dalam bentuk natura, juga menerima sedekah tunai. Dana sedekah bisa disalurkan melalui ACT cabang terdekat atau laman Indonesia Dermawan yang nantinya dana terkumpul akan dikonversi untuk pangan Lumbung Sedekah Pangan.

“Bagi yang ingin bersedekah tunai, bisa melalui laman Indonesia Dermawan. Situs galang dana daring ini bisa diakses semua orang untuk bersedekah tanpa konfirmasi,” jelasnya.[]