Beragam Maslahat Bersumber dari Zakat

Potensi zakat di Indonesia sangatlah besar, akan tetapi masyarakat kurang menyadarinya. Global Zakat - ACT hadir mengelola dana zakat masyarakat untuk kemaslahatan bersama, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Beras dengan kualitas baik dari Karawang akan diangkut ke Jakarta. Bahan makanan pokok ini menjadi salah satu bentuk implementasi zakat yang Global Zakat - ACT distribusikan ke masyarakat. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, JAKARTA Karung beras dengan berat lima kilogram Supardi pondong dari Masjid Nurul Rahman, Pela Mampang, Mampang Prapatan menuju ke masjid yang ia jaga, Al-Istiqomah, Jalan Bangka Raya, Jakarta Selatan. Wajahnya semringah, ibadah puasa yang sedang ia jalani tak menutupi bahagianya itu. Ucapan terima kasih berkali-kali Supardi lontarkan kepada muzaki yang telah memberikan beras itu.

Selasa (12/5), Supardi menjadi salah satu penerima zakat fitrah yang disalurkan melalui Global Zakat - ACT. Vice President ACT Rini Maryani mengatakan, dana zakat yang dihimpun dari muzaki akan dimaksimalkan untuk kemaslahatan bersama. Terlebih saat Ramadan tahun ini juga diiringi dengan hadirnya bencana wabah Covid-19, yang berimbas pada sulitnya pemenuhan kebutuhan pangan.

“Beragam program selama Ramadan telah Global Zakat - ACT jalankan, khususnya untuk penanganan Covid-19 seperti penyediaan paket pangan. Impelementasinya akan dilakukan hingga sebelum Idulfitri,” jelasnya, Kamis (14/5).

Selepas Ramadan, berbagai program untuk penanganan Covid-19 juga akan terus berjalan. Untuk berbagai aksi ini akan menggunakan zakat mal yang tidak terikat dengan Ramadan. Tujuannya ialah untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi selama pandemi melanda.

Rini menambahkan, untuk program zakat dalam usaha pemenuhan pangan ada Humanity Care Line atau layanan antar beras gratis, Sahabat Keluarga Prasejahtera hingga hidangan siap santap dari Humanity Food Truck. Sedangkan untuk sektor lain ada biaya hidup melalui program Sahabat Guru Indonesia, Sahabat Dai Indonesia, sampai pengelolaan zakat sebagai langkah penguatan UMKM setelah wabah Covid-19 ini selesai.

Guna memudahkan muzaki untuk menunaikan ibadah zakat fitrah dan mal, Global Zakat  - ACT memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan. Terlebih di kondisi sedang ada wabah, Global Zakat - ACT memberikan pelayanan berzakat tanpa keluar rumah. Melalui Zakat Care Line di nomor 0804-1-000-567, muzaki bisa menunaikan zakatnya sekaligus bisa berkonsultasi terkait zakat. Di layanan tersebut, Global Zakat - ACT menyediakan tim berkompeten dalam bidang zakat yang didampingi oleh ustaz.

Terdapat juga layanan jemput zakat. Nantinya akan ada zakat rider yang bakal menyambangi tempat muzaki untuk melakukan akad serta menerima pembayaran zakat. Selain itu, tim Global Zakat juga akan mengunjungi beberapa titik di berbagai tempat untuk melakukan pelayanan Mobile Zakat. Bahkan, ada juga Zakat Drive Thru yang memungkinkan muzaki tak perlu turun dari kendaraan untuk menunaikan ibadahnya.[]