Beragam Maslahat Zakat

Berbagai program, mulai dari program medis, pendidikan, hingga dakwah bisa terlaksana berkat zakat masyarakat yang disalurkan melalui Global Zakat - ACT.

Beragam Maslahat Zakat' photo
Agustus lalu, anak-anak di Blok Cipandawa perkampungan relokasi bencana longsor Bogor menerima makanan siap santap dari Global Zakat - ACT. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, JAKARTA – Setelah menjalani pengobatan di Ibu Kota selama satu bulan, Muhammad Rifqi (12) bocah yang mengalami kebocoran jantung akan kembali ke kampung halaman di Bireuen Sabtu (26/9). Di dada bocah yang duduk di sekolah menengah pertama itu tak ada lagi perban  yang melintang. Penutup jahitan itu telah dilepas. Senyum Rifqi semakin jelas saat ini. Berangsur, ia akan sembuh.

Rifqi tiba di Jakarta 13 Agustus lalu dari Peusangan Selatan, Bireuen. Kedatangan Rifqi di Jakarta adalah yang kedua kali untuk melakukan pengobatan. Ia dinyatakan mengalami kelainan jantung (jantung bocor) bawaan lahir dan harus menjalani operasi untuk pengobatan.

Perjuangan tidak mudah harus dijalani bocah remaja itu. Kondisi ekonomi keluarga yang masih prasejahtera menjadi kendala utama. Rupiah demi rupiah dikumpulkan orang tua Rifqi, Fadhil dan Nurwaida, dari hasil menjadi buruh tani. Di Bireuen, Fadhil dan Nurwaida menggarap sawah milik orang lain. Mereka mendapat penghasilan dari hasil panen yang dibagi dua. Selain Itu, Fadhil juga mengumpulkan uang dari menjual hasil kebun. Tak besar memang, namun ini jadi ikhtiar terbaik mereka.

Fadhil tidak sengaja bertemu dengan relawan Masyarakat Relawan Indonesia-ACT Bireuen. Kelanjutan pertemuan itu dilakukan dengan membawa Rifqi ke Jakarta lewat program Mobile Social Rescue-Global Zakat untuk pendampingan medis. Biaya operasi Rifqi ditanggung lewat jaminan kesehatan pemerintah. Sedangkan transportasi, konsumsi serta akomodasi selama pengobatan Rifqi, baik di Aceh maupun Jakarta dipenuhi dari penggalangan dana di laman Kitabisa dan dana zakat Global Zakat.

Koordinator Program MSR-Global Zakat Nurjannatunaim, mengungkapkan, kesuksesan operasi Rifqi yang digelar di Jakarta tak lepas dari zakat masyarakat yang disalurkan melalui Global Zakat untuk program MSR, sebuah program pendampingan medis untuk masyarakat prasejahtera. 

Tidak sebatas itu, zakat masyarakat melalui Global Zakat juga digunakan untuk program Sahabat Guru Indonesia. Program yang telah berjalan setahun ini merupakan beaguru dan bantuan paket pangan yang diberikan untuk guru honorer prasejahtera. Diluncurkan pada Hari Guru Nasional November 2019, Sahabat Guru Indonesia menyapa hampir 5000 guru di 30 provinsi. Selain dukungan biaya hidup para guru juga mendapat pendampingan lewat pertemuan daring yang dilakukan bersama para ahli di bidang pendidikan.


Riski Andriana dari tim Global Zakat mengatakan, dalam bidang pendidikan, zakat yang terhimpun tidak hanya untuk guru tetapi juga untuk pembangunan sekolah tidak layak, paket pangan untuk siswa, serta program dai di pelosok negeri.

“Maslahat dana zakat ini sangat luas. Selain itu jangkauannya mencapai tepian negeri bahkan luar negeri, khususnya negara yang sedang dilanda konflik kemanusiaan,” jelas Riski.

Kemaslahatan dana zakat yang sampai ke luar negeri seperti maksud Riski adalah, Humanity Food Truck yang Global Zakat-ACT hadirkan di tanah Palestina. Ribuan porsi makanan siap santap tersaji dari zakat para muzaki Indonesia.

MSR, Sahabat Guru Indonesia, hingga Humanity Food Truck Palestina merupakan bagian kecil dari besarnya maslahat zakat. Kesempatan masyarakat yang ingin menyalurkan zakat melalui Global Zakat pun masih terbuka luas, khususnya zakat mal. Global Zakat juga telah menyiapkan laman resmi yang menyediakan program perhitungan zakat yang perlu ditunaikan.

“Zakat biasanya identik dengan Ramadan, itu zakat fitrah. Namun, masyarakat pun memiliki kewajiban untuk menunaikan zakat mal dari harta yang mereka kumpulkan. Jika kesulitan dalam perhitungannya, tersedia program di laman resmi Global Zakat, atau bisa langsung menghubungi kontak Global Zakat yang bisa dilihat di sosial media Global Zakat,” pungkas Riski.[]

Bagikan

Terpopuler