BERANI Antarkan Beras ke Pulau Tiga, Maluku

Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku mendistribusikan puluhan paket beras ke Pulau Tiga, Dusun Nusa Ela, Desa Ureng, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (23/12). Distribusi melalui program Beras untuk Anak Negeri (BERANI) ini, menyasar warga dusun yang memang kesulitan memenuhi kebutuhannya lantaran akses yang kurang memadai.

Tim ACT bersama MRI Maluku menyebrangi laut untuk sampai ke Pulau Tiga. (ACTNews/Maya)

ACTNews, MALUKU – Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku serta Komunitas Motor Super Moto Ambon mendistribusikan bantuan beras untuk warga Pulau Tiga, Dusun Nusa Ela, Desa Ureng, Kabupaten Maluku Tengah. Penyaluran bantuan melalui program Beras untuk Anak Negeri (BERANI) juga merupakan kolaborasi dengan Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara.

La Duan selaku Sekretaris Dusun Nusa Ela berujar masyarakat sangat senang dengan kedatangan teman-teman membawa bantuan beras. “Alhamdulillah beras ini sangat bermanfaat, semoga adik-adik terus melihat kami di sini,” katanya Rabu (23/12) lalu.

Ia melanjutkan, masyarakat memang memiliki banyak kebutuhan mendesak di Desa Nusa Ela. Misalnya selain mengalami kesulitan pangan, warga di sana juga terkendala air bersih. Biasanya masyarakat mengambil air bersih di Desa Asilulu dengan menggunakan perahu cepat menyebrangi lautan.


Pendistribusian bantuan beras bukan pertama kalinya dilakukan ACT Maluku di Desa Nusa Ela. “Distribusi bantuan beras di Pulau Tiga ini menjadi kedua kalinya. Awalnya kita distribusi pada beberapa bulan lalu untuk 70 kepala keluarga, dan hari ini kita distribusi lagi untuk puluhan karung beras. Ini menjadi ikhtiar kita untuk saling peduli di tengah pandemi Covid-19,” ujar Kepala Cabang ACT Maluku Wahab Loilatu.

Wahab berharap ACT dapat terus membersamai masyarakat di Maluku terutama wilayah yang mengalami kesulitan akses. “Maluku merupakan wilayah kepulauan, dengan itu kami berikhtiar untuk membantu kebutuhan pangan saudara-saudara yang sulit dijangkau agar kebutuhan mereka dapat tetap terjaga. Pulau Tiga ini menjadi salah satu contoh ikhtiar kami. Dengan itu kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia, warga Maluku khususnya agar kita saling peduli dengan saudara-saudara di bagian pelosok. Kedermawanan dapat disalurkan melalui BNI Syariah di nomor 88 0000 4451 atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap Maluku, atau melalui laman Indonesia Dermawan,” jelas Wahab. []