Berbagai Elemen Masyarakat di Tanjungpinang Galang Dana Bantu Penyintas Erupsi Semeru

Peduli terhadap korban erupsi Gunung Semeru meluas. Berbagai elemen masyarakat di Tanjungpinang mulai dari mahasiswa, UMKM, dan komunitas bersama ACT melakukan penggalangan dana bagi korban erupsi Gunung Semeru.

penggalangan dana
Relawan saat aksi penggalangan dana bersama organisasi dan komunitas di kota Tanjungpinang (ACTNews/Alfi Bustal)

ACTNews, TANJUNGPINANG – Berbagai elemen masyarakat di Tanjungpinang bergerak bersama bantu penyintas erupsi Gunung Semeru, Senin (6/12/2021). Aksi berupa penggalangan dana ini dilakukan di dua titik yakni simpang lampu merah Pamedan dan Lampu Merah Batu 18. 

Elemen masyarakat yang turut aksi bersama yaitu tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tanjungpinang, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Tanjungpinang, Himpunan Mahasiswa (Hima), Ikatan Mahasiswa Daerah (IMD), UMKM, dan komunitas-komunitas. Dana yang terkumpul akan disalurkan kepada penyintas erupsi Gunung Semeru melalui Aksi Cepat Tanggap Tanjungpinang. 

Ilham dari tim ACT Tanjungpinang mengatakan penggalangan dana untuk korban erupsi Gunung Semeru akan dilakukan sampai sepekan ke depan. Ini dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk membantu saudara sebangsa yang sedang tertimpa musibah erupsi gunung tersebut. 


"Aksi sosial ini merupakan bentuk solidaritas kita bersama untuk meringankan beban korban bencana alam erupsi Gunung Semeru", kata Ilham, Senin (6/12/2921).

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. Material berupa lahar dan awan panas membuat warga di sekitar lereng gunung menjadi korban.

“Erupsi Gunung Semeru masih terjadi hingga saat ini. Mengakibatkan belasan warga meninggal dunia, puluhan orang terluka, serta kerugian materiil berupa rumah, sekolah, dan tempat ibadah,” pungkas Ilham.[]