Berbagai Kalangan Hadirkan Kepedulian untuk Penyintas Gempa Pasaman Barat

Bantuan untuk warga terdampak gempa Pasaman Barat kembali hadir. ACT sebagai lembaga penghimpun kepedulian mendapatkan amanah dari berbagai kalangan.

gempa pasaman barat
Pelepasan bantuan dari Padang menuju Pasaman Barat. (ACTNews)

ACTNews,  PANGKALPINANG DAN PADANG – Kepedulian untuk penyintas gempa di Pasaman Barat terus berdatangan. Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga penyalur kepedulian pun terus mendapatkan amanah. Seperti datang dari mahasiswa Universitas Bangka Belitung yang menyerahkan dukungan untuk Pasaman Barat senilai lebih dari Rp19 juta.

Sedekah yang mahasiswa UBB salurkan ini berasal dari penggalangan yang dilakukan mahasiswa di delapan titik persimpangan jalan di Pangkalpinang pada Rabu (9/3/2022) lalu. Mereka pun meramaikan aksi penggalangan dana ini dengan konser amal di Bukit Dealova.

“Semoga Pasaman Barat segera pulih kembali seperti sediakala,” ungkap Mardani, perwakilan mahasiswa UBB.

Selain dari kalangan mahasiswa, ACT juga menerima amanah dari perantau Minang di Hamburg, Jerman dan Melbourne, Australia. Mereka menghadirkan tandon air, selimut, bahan pangan hingga pakaian baru. Bantuan tersebut diberangkatkan bersamaan dengan bantuan lain yang dilepas oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Senin (14/3/2022).

“Terima kasih kepada ACT dan donatur, semoga ini jadi amal ibadah,” terang Audy.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Padang Aan Saputra menjelaskan, bantuan kemanusiaan yang berangkat dari Padang kali ini berasal dari berbagai komunitas, perusahaan, sekolah, masjid hingga masyarakat umum. Bantuan ini nantinya akan dikumpulkan sementara di Posko Kemanusiaan ACT di Pasaman Barat sebelum didistribusikan ke warga terdampak gempa.

“Semoga apa yang kita kirimkan hari ini mampu meringankan beban saudara kita yang tengah diuji bencana. Kepedulian pun masih dinantikan, mengingat berbagai kebutuhan saat ini mendesak diperlukan, terlebih menjelang bulan Ramadan,” kata Aan.[]