Berbagai Manfaat Zakat Penghasilan bagi Kehidupan

Zakat penghasilan halal wajib ditunaikan di Indonesia saat sudah mencapai nisab. Zakat penghasilan memberikan berbagai manfaat untuk kehidupan.

manfaat zakat penghasilan
Ilustrasi. Zakat penghasilan yang muzakki tunaikan dapat memberi makan saudara miskin hingga ke perbatasan negeri. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Di Indonesia, zakat penghasilan merupakan salah satu jenis zakat mal yang wajib ditunaikan jika sudah mencapai nisab. Zakat penghasilan memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan sosial ekonomi. Apa saja manfaatnya?

Membersihkan Harta

Fungsi zakat mal adalah untuk membersihkan harta, termasuk zakat penghasilan yang merupakan bagian dari salah satu jenis zakat mal. Ajaran Islam menyatakan bahwa di setiap harta yang dimiliki terdapat hak-hak orang lain di dalamnya. 

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Adz-dzariyat ayat 19 “Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.”

Menghadirkan Keadilan Sosial

Zakat adalah rukun Islam yang memiliki dimensi sosial secara langsung. Zakat menekankan bahwa manusia boleh memiliki kekayaan, tetapi juga harus mengeluarkan zakat kepada fakir-miskin dan asnaf yang lain. Di sinilah letak zakat sebagai basis keadilan sosial.

Zakat di Indonesia juga menjadi salah satu instrumen untuk mewujudkan sila ketiga Pancasila, yakni Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Di mana kesejahteraan sosial di Indonesia masih belum merata. 

Membuat Pengelolaan Uang Lebih Baik

Dengan membayar zakat penghasilan rutin setiap bulan, muzaki akan membuat rincian pengeluaran. Dengan membuat daftar tersebut, muzaki akan terbiasa mengelola keuangan dengan baik. 

Pembayaran zakat penghasilan setiap bulan baru wajib dilakukan jika pendapatan sudah mencapai nisab, yakni senilai 85 gram emas dan kadar zakatnya 2,5 persen. Adanya ketentuan ini memudahkan muzaki untuk memperkirakan keuangan yang akan diatur.[]